Lebong Miliki 4 Potensi Unggulan

H Rosjonsyah SIp MSi
=foto: H Rosjonsyah SIP Msi==

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Kabupaten Lebong memiliki berbagai potensi dan dapat diunggulkan atau dipromosikan. Dan setidaknya ada 4 potensi unggulan yang oleh Pemerintah Kabupaten Lebong diberi kemudahan untuk penanaman modal bagi investor. Untuk mendukung ini, hal tersebut telah diajukan sebagai Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) untuk dijadikan Peraturan Daerah (Perda).

Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP Msi, mengatakan bahwa ada beberapa sektor potensi yang dimiliki di Kabupaten Lebong, seperti sektor potensi bahan galian golongan A dan C yaitu sektor pertambangan seperti batuan andosit, koalu, trans ataupun granit. “Itu tersebar di beberapa desa yang ada di Kabupaten Lebong,” sampainya, kemarin.

Selanjutnya sektor pariwisata dan budaya yang sangat banyak dimiliki dan sangat menarik dengan spesifik yang berbeda dengan daerah lain yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Lebong. Adapun objek wisata yang dapat ditawarkan untuk investasi diantaranya Air Terjun Cucu, Telaga Putri 7 warna, Danau Tes, Lumpang, Picung, Bluedan Danau Tes. Ada juga Pasir Lebar Bingin Kuning, Suban Gergok, air terjun Siapang, Bioa Baes, Paliak, Tik Gemeceak, Saten maupun air terjun Amen. “Ada juga pemandian air putih, gua lobang kacamata, gua Sriwijaya yang semuanya ada di Kabupaten Lebong,” sampainya.



Untuk potensi sumber daya energi, bersumber dari potensi sumber daya air yang bersumber dari arus Sungai Ketahun yang memiliki potensi 129 Megawatt (MW), ada juga air yang berpotensi untuk PLTMH yang bersumber dari air Luting I, Ketenong V, Sungai Air Sebelat Ulu, Sungai Lisai, Air Selikat, Sungai Mangkurajo serta sungai-sungai yang lainnya.

“Sementara untuk sumber energi panas bumi yang terbesar di Bukit Gedang Hulu Lais dengan potensi 660 MW, Tambang Sawah dengan potensi 250 MW serta Bukit Daun dengan potensi 173 MW,” ujar bupati.

Selanjutnya yang terakhir, yaitu usaha potensi kehutanan, pertanian dan perkebunan. Dimana dari potensi itu, Kabupaten Lebong memiliki potensi luas wilayah yang dapat dikembangkan untuk investasi sektor kehutanan, pertanian padi dan palawija, holtikultura hingga perkebunan.

“Dimana luas sawah yang ada di Kabupaten Lebong yaitu 9.605 hektar, luas lahan pertanian bukan sawah sebesar 170 ribu H lebih, serta luas lahan bukan pertanian sebesar 11,8 ribu H lebih,” tutur bupati. (614)