Lebong Bangun Rumah Produksi Jeruk Gerga

PANTAU : Bupati Lebong ketika memantau tempat pembibitan jeruk dan lokasi yang akan dibangun rumah produksi Jeruk Gerga.

LEBONG, bengkuluekspress.com – Kurangi angka pengangguran dan tampung pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Lebong, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong akan membangun sebuah rumah produksi jeruk Gerga di tahun 2021 ini. Rumah produksi sendiri akan dibangun di kawasan Kecamatan Rimbo Pengadang. Dimana untuk anggarannya diambil dari Dana Aloksi Khusus (DAK) sebesar Rp 5,2 miliar.

Untuk itulah, bertempat di kantor Camat Rimbo Pengadang, Kamis (15/4), Bupati Lebong Kopli Ansori bersama rombongan, menggelar sosialisasi pengembangan atau pembangunan rumah roduksi jeruk gerga.

Dalam sampaiannya, Bupati Lebong Kopli Ansori mengatakan bahwa dibangunnya rumah produksi yang akan dilasanakan di tahun 2021 ini, merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan hasil usaha dari salah satu komuditi asli Lebong yaitu jeruk Gerga.

“Jeruk Gerga sendiri sudah dikenal di Indonesia, untuk itulah kita berupaya bisa mengolah jeruk Gerga dalam bentuk lainnya,” sampainya, Kamis (15/4).

Dengan dibangunnya Rumah Produksi Jeruk Gerga, merupakan salah satu upaya Pemkab Lebong untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Karena dapat menyerap tenaga kerja, terutama masyarakat yang berada di sekitar rumah produksi.

“Itu yang ingin kita lakukan, meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Untuk pembangunan sendiri, dari informaasi terakhir yang ia terima sudah masuk dalam proses lelang, sehingga ditargetkan akhir tahun 2021 mendatang, rumah produksi telah selesai dibangun dan di akhir tahun 2021 atau awal tahun 2022, rumah produksi sidah bisa dioperasikan.

“Hasil produksi nantinya bersumber dari heruk Gerga, bisa itu bentuk minuman kemasan atau makanan,” tuturnya.
Dari hasil produk rumah produksi jeruk Gerga, nantinya akan ditampung Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disprindagkop dan UKM) Lebong, selanjutnya untuk pemasaran sudah ada pihak yang menjadi relasi dalam melakukan pemasarannya.

“Semau sudah siap, tinggal membangun rumah produksi dan tinggal mau dibuat apa yang bahannya dari jeruk Gerga ini,” tegasnya. (614)