Layanan Penukaran Uang Dibuka

tukar duitBENGKULU, BE- Tingginya pemintaan masyarakat terhadap uang dalam pecahan kecil menjelang lebaran, mengakibatkan antrean semakin panjang di counter penukaran yang disediakan Bank Indoensia. Menyadari hal itu, Bank Indoensia (BI) perwakilan Bengkulu telah menghimbau seluruh perbankan untuk melayani penukaran uang tersebut. Bahkan penukaran uang dalam pecahan kecil tersebut sudah bisa dilakukan mulai dari kemarin (16/7).
“Kita sudah intruksikan kepada seluruh perbankan yang ada di Bengkulu untuk membuka layanan penukaran uang dalam pecahan kecil mulai hari ini (kemarin). Hal tersebut dilakukan untuk mencegah membludaknya antrean jika baru kita buka menjelang lebaran,” ungkap Pimpinan Bank Indonesia Bengkulu, Yuwono.
Meskipun perbankan sudah mulai membuka pelayanan penukaran uang dilakukan setiap hari, BI perwakilan Bengkulu masih melayani penukaran uang pada hari Senin dan Kamis.
Menurut Yuwono mulai tanggal 22 Juli nanti BI Bengkulu akan membuka pelayanan penukaran uang setiap hari yaitu Senin sampai Kamis. Jumlah uang yang disiapkan Bank Indonesia dalam pecahan kecil ini cukup banyak yaitu mencapai Rp 600 miliar. Sedangkan secara keseluruhan uang yang disiapkan bank Indonesia menjelang lebaran ini mencapai Rp 1,3 triliyun. “Untuk uang pecahan Rp 20 ribu kebawah kita sudah siapkan Rp 600 miliar. Sedangkan secara keseluruhan yang kita siapkan termasuk pecahan besar sekitar Rp 1,3 triliun,” tambah Yuwono.
Uang yang disiapkan oleh Bank Indonesia ini diyakini pihak Bank Indonesia akan mencukupi kebutuhan masyarakat Bengkulu atas uang dalam pecahan kecil. Pasalnya jika dilihat dari pengalaman sebelumnya penukaran Uang dalam pecahan kecil  menjelang lebaran tertinggi pernah mencapai Rp 500 miliar.Menurut Yuwono waktu itu dikarenakan lebaran serentak dengan musim panen kopi.
“Untuk tahun ini kita memperediksi masyarakat Bengkulu akan memerlukan uang dalam pecahan kecil mencapai Rp 400 miliar,” jelas Yuwono.
Selain kantor cabang yang ada di Kota Bengkulu, Bank Indoensia juga mengimbau kepada pihak perbankan untuk membuka pelayanan penukaran di kantor mereka yang ada di daerah.. Melihat kesiapan yang dilakukan Bank Indonesia dan perbankan yang ada di Bengkulu, Yuwono meminta masyarakat Bengkulu untuk tidak panik. Ia menjamin stok uang baru dalam pecahan kecil menjelang lebaran ini cukup bahkan lebih.” Untuk masyarakat Bengkulu yang ingin melakukan penukaran uang tersebut dapat mendatangi kantor-kantor bank terdekat dan tidak perlu lagi menjatangi kantor Bank Indonesia,” tukasnya. (251)