Layanan Kesehatan Siap 24 Jam

Para CHJ Kaur saat melakukan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas Bintuhan kemarin (138)
Foto : IST

BINTUHAN KABUPATEN KAUR, Bengkulu Ekspress – Meski sejumlah instansi pemerintahan libur karena Idul Fitri, namun pelayanan kesehatan tetap buka. Mulai dari rumah sakit hingga Puskesmas. Sekda Kaur H Nandar Munadi S SSos MSi meminta, agar seluruh Puskesmas dan rumah sakit yang ada di Kabupaten Kaur, tetap stand by 24 jam dan tidak mengurangi pelayanan terhadap masyarakat.



“Selama hari raya, Puskesmas dan rumah sakit harus tetap stand by 24 jam, tidak ada kata tidak dalam melayani masyarakat yang mau berobat,” kata Sekda beberapa hari lalu.

Dikatakan Sekda, selain menyediakan pelayanan kesehatan di RSUD dan Puskesmas, Dinas Kesehatan juga dilibatkan penuh dalam setiap kegiatan diantarannya Pos pam, pos yan di beberapa titik wilayah Kaur saat arus mudik yang akan datang. Untuk Puskesmas yang berada di jalan lintas nantinya akan rutin buka setiap hari. Bahkan ia telah meminta kepada Dinkes menempatkan dokter piket khusus untuk siaga selama mudik.

“Untuk pos-pos kesehatan seperti Puskesmas dan rumah sakit walau libur mereka tetap buka, jadwal piket bidan, perawat dan dokternya sudah diatur,” terangnya.

Ditambahkannya, pihaknya sudah memerintahkan agar setiap Puskesmas di Kaur khususnya di wilayah jalan lintas seperti Nasal, Maje, Tanjung Kemuning, Semidang Gumay dan Beriang Tinggi tetap buka selama libur lebaran. Beberapa tenaga medis juga selalu siaga di posyan. Sebab selama hari raya, sejumlah pegawai kesehatan seperti dokter, perawat, pegawai admisnistrasi dan sopir ambulans disiagakan berjaga bergantian selama 24 jam.
“Mereka harus stand by dan tetap masuk bekerja untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga, dan jangan sampai nanti ada pasien yang terlantar,” tandasnya. (618)