Layanan Adminduk Dengan, TTE Mulai Diterapkan

Gunawan Suryadi SSos MAP

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Kabar gembira bagi warga Bengkulu Selatan (BS), yang ingin membuat administrasi kependudukan (Adminduk). Pasalnya saat ini, kartu adminduk seperti kartu keluarga (KK), kartu tanda penduduk (KTP), akte kelahiran dan lainnya sudah bisa dilakukan meskipun kepala dinas kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil)Bengkulu Selatan tidak berada ditempat.

“ Mulai saat ini, untuk penerbitan kartu adminduk tidak perlu lagi menunggu kadis ada di kantor,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Bengkulu Selatan, Gunawan Suryadi S Sos MAP.

Gunawan mengatakan, Jika selama ini pembuatan kartu kependudukan warga sering mengeluh sebab tidak bisa selesai dalam satu hari lantaran kepala dinas tidak ada dikantor. Sebab untuk penerbitan kartu kependudukan tersebut harus ada tanda tangan kepala dinas.



Sehinga warga harus menunggu hingga kepala dinas masuk kantor. Namun saat ini, pihaknya sudah menerapann pelayanan kependudukan dengan tanda tangan elektronik (TTE).“ Dengan TTE ini, warga tidak harus menunggu lagi, saat itu juga kartu kependudukan sudah bisa dicetak,” ujarnya.

engan TTE ini, sambung Gunawan, warga tidak perlu lagi menunggu kadis masuk kantor atau pulang dari dinas luar. Sehingga warga bisa lebih mudah dan lebih praktis dalam pengurusan kartu kependudukan. Sebab pada berkas atau blanko kartu sudah tertera tanda tangan elekronik.

“ Dengan TTE ini lebih praktis, meskipun kadis tidak ada di kantor, kartu tetap bisa dicetak,” imbuhnya.

Adanya pelayanan dengan TTE ini, sambung Gunawan agar pelayanan kependudukan kepada warga bisa lebih maksimal. Sehingga warga tidak harus menunggu kadis lagi untuk penerbitan kartu kependudukan.

Mereka yang datang hari ini, dengan persyaratan lengkap,maka kartunya sudah bisa dicetak cukup dengan adanya TTE. “ Mudah-mudahan dengan adanya TTE ini, pelayanan kependudukan semakin maksimal,” harap Gunawan. (369)