Lawang Agung Desa Binaan TP4D Kajari

2
Kajari Seluma saat memberikan pendampingan TP4D dan melihat realisasi dari DD dan ADD Desa Lawang Agung

AIR IUKAN,Bengkulu Ekspress  – Semakin besarnya anggaran yang dikucurkan ke pemerintah ke desa. Membuat Kejari Seluma, menetapkan Desa Lawang Agung(LA) sebagai desa binaan dari Tim Pengawal dan pengamanan pemerintah dan Pembangunan Daerah(TP4D) Kejari Seluma. Sedikitnya 7 desa sudah menjadi desa pendampingan dalam penyelesaian permasalahan pengelolaan dana desa dan alokasi dana desa (DD/ADD) pada 2017.

“Desa Lawang Agung (LA) ini menjadi desa binaan TP4D setelah dalam pengelolan dan perencanaan dalam penggunaan DD dan ADD),” ujar Kajari Tais Ardito Muwardi SH MH kepada Bengkulu Ekspress kemarin.

Kajari menerangkan, pengawalan dan pengamanan Dana Desa  dan ADD dari TP4D harus menjadi contoh bagi desa lain terhadap pengelolan anggaran di desa, serta dengan pengawalan dan pendampingan sehingga tidak terjadi lagi lemahnya penyerapan anggran DD dan ADD. Termasuk bisa mengarahkan skala prioritas dari penggunaan anggran yang dibutuhkan masyarakat desa. Serta penggunaan anggaran bisa sesuai dengan mestinya.

“Mulai dari perencanaan hingga penggunaan serta realisasi sangat jelas dan tahun kedepan desa-desa lainnya bisa mencontoh Lawang Agung,” sambungnya. Dikatakan Kajari, dalam pengawalan ini, TP4D mencegah secara dini, agar Penyimpangan tidak terjadi. Dilakukan pengawalan agar perbuatan melawan hukum bisa di cegah. Perencanaan bisa berjalan dengan mestinya.

“Agar Kades dan perangkat desa tidak lagi harus di “sekolahkan” di penjara, setelah diduga adanya penyimpangan. Kita bertindak sebelum terjadi bukan sesudah terjadi baru untuk melakukan pendampingan,” tegas kajari. Sementara itu, Kepala Desa Lawang Agung  Kirman Efendi SSos menjelaskan, sinergisitas pemerintahan desa sehingga pembangunan bisa berjalan. Serta saling mendukung dan terbuka atas pengelolaan anggaran Dana Desa maupun Angaran Dana Desa. Adapun permasalahan di desa maka di selsaikan terlebih dahulu di desa dan perangkat.

“Sinergisitas anatara perangkat desa, pemerintah kabupaten dan pemerintah provinsi merupakan kata kunci guna mendukung program pemerintahan. Baik yang tengah berjalan maupun yang akan dilaksanakan, “Jelas Kirman.

Hadir dalam kegiatan pendampingan Desa lawang Agung sebagai desa binaan TP4D Kajari Seluma, kemarin (5/7), yaitu, Kasi Intel Citra Apriyadi SH MH, Sekretaris Pemerintahan masyarakat desa(PMD) Sukran Mpd, Camat Air Periukan Bahmada Rustam MPD, Kabid Pembanguna Desa Johan Eefendi Ssos, Prangkat desa dan BPD setempat. (333)