Larang Tiup Lilin

Girl blowing out birthday candlesMASALAH kesehatan menjadi fokus pemerintahan Australia hingga mengeluarkan peraturan tidak lazim. Mereka akan melarang meniup lilin yang ditancapkan di atas kue ulang tahun. Pasalnya, kegiatan meniup lilin itu bisa menyebarkan virus.

Menteri Kesehatan negara bagian Australia, Tanya Plibersek, akan melarang acara tiup lilin kue ultah di pusat penitipan anak-anak. Mereka akan menyarankan mengganti cake ultah dengan cupcake agar tidak ada yang meniup makanan. Namun ia memastikan tidak akan menugaskan “polisi cake” untuk melakukan razia.

Pemerintah mengklaim penyebaran virus diantara anak-anak sering terjadi karena aktivitas seperti meniup lilin tersebut. Saat meniup lilin kue ultah, anak-anak di sekitar si peniup akan kena udara dari dalam mulut yang kemungkinan mengandung kuman.

“Kami tidak akan merazia pusat penitipan anak-anak untuk mengontrol peraturan ini. Namun mensosialisasikan pada mereka untuk mengurangi infeksi di pusat penitipan anak,” ucap Tanya. “Ini akan banyak membantu keluarga, anak-anak dan para pekerja di sana juga.”

Peraturan tersebut juga akan mengajarkan bagaimana mengganti popok tanpa menyebarkan kuman, cara terbaik mencuci tangan dan mencegah pencegahan infeksi lainnya. Namun pihak kementrian juga akan mengkonsultasikan peraturan baru ini dengan publik lebih dulu. (**)