Laptop Untuk Desa

TALAG EMPAT, BE– Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) siap membantu fasilitas laptop untuk kantor desa. Guna penataan sistim administrasi ditingkat desa, agar lebih baik. Mengingat saat ini fasilitas Laptop atau komputer belum ada di semua kantor desa.
“Ya memang sudah kami ajukan usulannya ke BPMPD Pusat. Agar tiap kades dibantu fasilitas laptop, tiap kantor desa diberikan masing-masing 1 unit,” ungkap Kepala BPMPD, H Agussalim Hasan, SSos, kemarin.

Saat ini sistem administrasi pemerintahan desa belum tertata dengan baik. Masih ada perangkat pemerintahan desa yang belum mengetahui tugas pokok dan fungsinya (tupoksinya). Salahsatu masalah utamanya arsip administrasi desa. Karenanya Dukcapil melaksanakan pelatihan bagi seenap unsur desa.
”Kepada perangkat desa diberikan skill dan kemampuan manajerial pengelolaan adminitrasi desa. Sehingga tak ada kekhawatiran atau kesalahan fatal dalam administrasi desa. Bantuan Laptop yang kita usulkan tentu menunjung tertib administasi desa itu,” ujar Agus.

Program Laptop desa itu disampaikan BMPD ke pusat, setekah muncul protes dari forum kades. Mereka mengelihkan di desanya tak ada fasilitas komputer, sehingga sulit menata administrasi dengan baik. Sementara Pemkab maunya semua administrasi itu rapi dan bagus. “Kami minta agar ada laptop atau komputer, yang dapat mendukung tertib administrasi pemerintahan desa. Selama ini kegiatan administrasi sulit dilakukan karena tak ada komputer,” ungkap Kades Kembang Seri, Junaidi. (122)