Laporkan, Jika Ada Polisi Tidak Netral di Pilkada

SOSIALISASI: Kapolres Kaur AKBP Dwi Agung Setyono saat melakukan sosialisasi Netralitas Polri dalam Pilkada 2020 di aula Mapolres, Senin (23/11), Senin (23/11).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Kapolres Kaur AKBP Dwi Agung Setyono SIK MH selalu mengingatkan kepada masyarakat Kaur agar turut berperan aktif dalam mengawasi penyelenggaraan Pilkada yang akan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang. Salah satunya, masyarakat diminta melapor apabila menemui aparat Polri tidak netral dalam pelaksanaan Pilkada serentak.

“Saya tegaskan bahwa seluruh anggota Polri harus netral di Pilkada Kaur tahun 2020. Kita minta kemasyarakat jika ada menemukan oknum polri yang tidak netral dalam Pilkada serentak ini laporkan langsung ke saya,” kata Kapolres Kaur dihadapan anggotanya dalam sosialisasi Netralitas Polri dalam Pilkada 2020 di aula Mapolres, Senin (23/11).

Dikatakan pihaknya, selalu mengingatkan bahwa seluruh anggota Polres Kaur dilarang memberikan dukungan kepada salah satu paslon dalam bentuk apapun disetiap tahapan Pilkada serentak tahun 2020. Dimana terkait dengan netralitas Polri, aturannya sudah jelas dan sesuai dengan arahan pimpinan Polri, bahwa di setiap tahapan Pilkada anggota Polri harus netral. Dimana anggota Polri dilarang menyalahgunakan wewenang bagi personil Polri, melarang segala bentuk peminjaman, penyewaan gedung/lapangan/halaman milik Polri kepada tim paslo, dilarang menempatkan kendaraan dinas Polri dilokasi tim sukses paslon, kecuali dalam hal pengamanan, dilarang memasang gambar/baleho salah satu paslon Gubernur/Wakil Gubernur atau paslon Bupati/Wakil Bupati di seputaran Mako.
“Sesuai dengan Undang-Undang dan perintah dari Kapolri bahwa anggota Polri netral dalam pilkada 2020. Untuk ncaman hukuman PTDH bagi Personil Polri yang terlibat politik praktis dalam Pilkada serentak tahun 2020,” terangnya.

Ditambahkan perwira dengan dua melati dipundak ini, ia juga mengingatkan kepada seluruh jajarannya agar tidak diperkenankan mengunggah foto bersama calon kepala daerah yang mengikuti kontestasi Pilkada. Dimana untuk saat ini pilkada 2020 Kabupaten Kaur masih dalam tahapan kampanye, meskipun kampanye dilaksanakan secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan, Polres Kaur tetap siaga melakukan pengamanan.

“Setiap tahapan kita lakukan pengamanan dan pastinya kita pegang teguh protokol kesehatan, jadi selain memastikan keamanan pelaksanaan kegiatan, kita juga pastikan tidak ada pelanggaran protokol kesehatan,” tandas Kapolres.(618)