Laporan Realisasi DD/ADD Minim

duit
Foto : IST

TAIS, Bengkulu Ekspress – Laporan realisasi dana desa dan alokasi dana desa (DD/ADD) banyak belum disampaikan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Seluma. Desa yang melaporkan realisasi DD/ADD tahap 1 dan 2 sangat minim. Padahal laporan itu sebagai persyaratan pengajuan transfer DD ke KPPN Manna, tahap ke III.

“Laporan ini di tunggu hingga Agustus mendatang, agar September DD dan ADD tahap ke III dikirim Pemerintah RI kerekening daerah untuk dikirimkan ke rekening desa,” ujar Kepala Badan Pengelolaan keuangan Daerah(BPKD) Seluma, Deddy Ramdhani SE MSE MA kepada Bengkulu Ekspress.

Untuk memperlancar pencairan DD dan ADD tahap ke III, BPKD Seluma sudah menyurati satu-persatu seluruh desa melalui kecamatan. Kepala desa dan perangkatnya diminta segera menindak lanjuti laporan realisasi pekerjaan DD dan ADD tersebut. Berupa laporan pekerjaan dengan anggaran yang sudah dikirimkan. Termasuk juga untuk mendesak beberapa desa untuk mengusulkan DD dan ADD tahap ke II.

“Penyerapan anggaran dari DD dan ADD sudah terkirim tahap I dan II pembangunan yang sudah terlaksana itu apa saja. Dalam Laporan juga harus disertakan foto fisik pekerjaan yang sudah terlaksana,” ujarnya.

Saat ini, sebanyak 19 desa belum menerima kucuran DD dan ADD tahap ke II. ADD sebanyak 23 Desa yang belum mengusulkan pencairan. Belum dikirimkannya DD dan ADD ini, tidak lain karena seluruh desa tersebut belum menyerahkan laporan dan rekomendasi dari kecamatan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa(PMD). “Kita masih tunggu desa menyampaikan laporan dan rekomendasi dari PMD dan kecamatan,” sampainya.



Sekretaris PMD Sukran Effendi MPd menerangkan, masih ada desa belum menyampaikan laporan dan memiliki rekomendasi pengusulan DD dan ADD 2018. Desa tersebut diakui sedang sibuk merealisasikan DD dan ADD tahap I.

Sejauh ini yang belum memasukkan laporan realisasi ada sebanyak 9 desa. sedangkan lainnya beru saja di keluarkan rekomendasi. Sehingga senin esok(hari ini) sudah di masukkan ke BPKD Seluma. “Masih ada desa belum memiliki rekomendasi pencairan DD dan ADD tahap ke II ini. Namun sebagain baru saja di keluarkan rekomendasinya. Dari alasannya tengah di sibukkan merealisasikan tahap I,”ujar Sukran. (333)