Laporan Kematian dan Perkawinan Rendah

laporan
foto:ist

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Kesadaran masyarakat Kabupaten Kepahiang mengenai administrasi kependudukan (Adminduk) masih sangat rendah. Terutama untuk kematian dan perkawinan masih sangat-sangat minim dilaporkan warga ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Kepala Bidang Catatan Sipil Dinas Dukcapil Kepahiang, Rieka Dwita Efrilian TH SE mengatakan, laporan untuk kematian dan perkawinan masih sangat rendah.



“Kalau kematian dan perkawinan rendah, khusus perkawinan warga non muslim sangat jarang membuat laporan kepada kita. Mungkin mereka menilai usai pemberkatan di gereja sudah, jadi tak melapor lagi,” ujarnya.

Pejabat Disdukcapil yang kesehariannya berhijab ini menjelaskan, jika adminduk khusus akta kelahiran sudah melampaui target. Sementara untuk catatan kematian dan perkawinan belum tercapai. Sehingga pihaknya mengimbau seluruh masyarakat agar berperan aktif dalam memperbaiki administrasi kependudukan mulai dari KK, KTP lainnya.

“Kita terus turun ke lapangan untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat agar bisa tertib administrasi kependudukan, ” katanya. Bahkan bulan ini tim diturunkan ke seluruh desa untuk melaksanakan pendataan kepada warga agar yang belum memiliki akta kelahiran dan lainya bisa melapor dan dibuatkan kartunya.

“Khusus di Kecamatan Kepahiang ada 35 desa dan kelurahan akan turun langsung kita masing-masing desa. Jadi tidak ada lagi istilah masyarakat tidak tahu, karena kita turun ke setiap desa dan kelurahan, tidak pakai menginduk lagi, ” tegas Keke, sapaan akrab Rieka Dwita Efrilian. (320)