Laporan APBD Diterima dengan Catatan

Ist/Bengkulu Ekspress Bupati Kepahiang, Hidayatullah Sjahid dan Waka I DPRD Kepahiang, Andrian Defandra menandatangani berkas hasil paripurna yang mengesahkan Raperada LKPJ Bupati atas pelaksanaan APBD 2019.

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Seluruh fraksi DPRD Kepahiang sepakat menerima Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2018. Kesepakatan dicapai eksekutif dan legislatif dalam sidang paripura, Senin (15/7) yang dihadiri kedua lembaga pemerintahan tersebut.

Sidang diawali dengan penyampaian laporan Pansus LKPJ DPRD yang disampaikan Edwar Samsi SIP MM. Kemudian dilanjutkan dengan pandangan akhir fraksi-fraksi hingga tanggapan bupati. Setelah seluruh tahapan dilaksanakan semua anggota dewan yang hadir menyatakan setuju menerima Raperda LKPJ Bupati 2018 hingga pimpinan sidang Waka 1 Andiran Defandra SE mengetokan palu sidang.

“Apakah Raperada Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD bisa disetujui,” tanya Aan yang langsung disambut kata setuju.

Meskipun demikian, Pansus LKPJ memberikan sejumlah catatan yang harus diindahkan Bupati Kepahiang, Dr Ir Hidayatullah Sjahid MM IPU beserta jajarannya. Karena banyak hal mesti dibenahi untuk meningkatkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kepahiang. “Salah satunya harus adanya inovasi cara menarik retribusi PAD, sehingga target PAD bisa semakin meningkat,” ujar Edwar Samsi.

Menurutnya, eksekutif melalui bidang pendapatan harus memiliki inovasi dalam bekerja. Supaya peningkatan PAD bisa dicapai, agar bisa memberikan dampak positif terhadap APBD setiap tahunnya. “Harus bisa membuat sumber PAD baru cara dengan merevitalisasi aset,” tegas Edwar.

Selanjutnya, pansus menilai rendahnya semangat jajaran OPD pemerintah dalam mengikuti rapat pembahasan. Hingga sering mengutus ASN atau pejabat yang tidak relevan dalam masalah pembahasan. Bahkan mengutus setingkat Kasi ke gedung legislatif. “Bahkan saat kami tanya tujuan datang apa, diutus rapat untuk membahas APBD perubahan. Ini sangat tidak nyambung, padahal KUA PPAS saja belum,” kata Edwar.

Sementara itu, Bupati Kepahiang, Hidayatullah Sjahid menanggapi laporan pansus dan fraksi-fraksi mengatakan, jajaranya siap melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat. Peningkatan APBD menjadi target pemerintah agar bisa memacu laju pembangunan.  “Tentunya peningkatan PAD dan APDB menjadi keinginan kita semua, dan pemerintah melaksanakan kerja sesuai dengan masukan yang diberikan dewan,” tutur Bupati. (320)