Lapas Arga Makmur Penuh Sesak

foto Yurdani

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara (BU) saat ini penuh sesak akibat over kapasitas atau melebihi kapasitas.

  Kepala Lapas kelas IIB Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara, Yurdani Amd IP Ssos MH mengatakan, akibat over kapasitas, satu kamar terpaksa di huni 15 orang narapidana. “Idealnya hanya 7 orang saja satu kamar dengan ukuran 4×5 meter. Saat ini jumlah penghuni Lapas telah mencapai sekitar 442 warga binaan,” kata Yurdani.

Ia menambahkan, sebenarnya Lapas tersebut hanya mampu menampung 180 warga binaan. Menurutnya, bukan hanya Lapas IIB Arga Makmur saja yang over kapasitas, tetapi seluruh Lapas di Provinsi Bengkulu juga mengalami hal yang sama.

“Namun saat ini masih bisa kita optimalkan dengan cara melakukan pendekatan-pendekatan, mekakukan pembinaan secara humanis atau memanusiakan dalam melayani dengan baik kepada mereka, jadi meskipun over mereka sendiri secara langsung tidak merasakannya,” ujar Yurdani.

Sesaknya Lapas II B Arga Makmur dikarenakan bukan menampung warga binaan yang berasal dari Kabupaten Bengkulu Utara saja, tetapi juga menampung warga binaan dari Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) dan Kabupaten Mukomuko.

“Untuk warga binaan dari Mukomuko sendiri diperkirakan 40 persen, sedangkan untuk warga binaan dari Bengkulu tengah sekitar 15 persen dan sisanya dari Kabupaten Bengkulu Utara. Hal ini sebenarnya menyebabkan di Lapas kita mejadi over kapasistas,” ungkapnya.

Mengenai over kapasitas, Yurdani menuturkan, bahwa untuk ditahun 2020 hal ini sudah bisa teratasi, karena beberapa waktu lalu dari pertemuan dengan Kakanwil HAM Provinsi Bengkulu menyatakan bahwa akan segera dilakukan pembangunan Lapas baru di Kabupaten Mukomuko.(127)