Lapas Anak Ditarget Selesai Desember

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pembangunan Lembaga Pendidikan Khusus Anak (LPKA) Kelas IIA Bengkulu di Kelurahan Bentiring sudah mencapai 15 persen. Pihak Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham (Kanwil Kemenkumham) Bengkulu mentargetkan pembangunan LPKA tersebut selesai awal Desember 2019 mendatang.

Kepala Kanwil Kemenkumham Bengkulu, Ilham Djaya mengatakan sesuai kontrak pekerjaan akan selesai awal Desember.Lebih lanjut Ilham mengatakan, jika sudah ada LPKA, Provinsi Bengkulu termasuk kota layak anak.

Dikatakan demikian karena anak yang tersangkut hukum akan mendapatkan pendidikan yang layak didalam LPKA. Bangunan LPKA tidak seperti bangunan Lapas pada umumnya yang dikelilingi tembok, tetapi bangunan lebih seperti Paviliun. Didalam LPKA nantinya akan ada sekolah, dan penghuni LPKA diarahkan untuk mendapatkan pendidikan layak, tidak diperbolehkan bekerja.

 

“Didalam LPKA nanti anak-anak murni diberikan pendidikan, tidak boleh bekerja karena didalam LPKA ada sekolah. Jika ujian sekolah mereka baru keluar,” imbuh Ilham.



 

Pembangunan LPKA tersebut didampingi Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bengkulu.
Gedung baru tersebut dibangun di atas tanah hibah dari Pemkot Bengkulu. Lokasinya di Pasar Rakyat Tanjung Gemilang, Jalan Samsul Bahrun, Kelurahan Bentiring, Kecamatan Muara Bangkahulu.

Pembangunan gedung tersebut menghabiskan anggaran Rp 21 miliar. Pembangunan LPKA tersebut salah satu upaya agar tahanan anak bisa segera dipisahkan dari Lapas Kelas IIA Bengkulu. Sebelumnya, Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Provinsi Bengkulu berhasil membangun Lapas Perempuan di Kelurahan Kandang Limun, Kota Bengkulu.(167)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*