Lapas Ajak Media Bersinergi

Lapas Kelas IIA Curup saat melakukan kegiatan media gathering kolaborasi, dalam mendukung resolusi pemasyarakatan tahun 2020 di aula Lapas Kelas IIA Curup, Kamis (27/2) kemarin.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Kepala Lapas Kelas IIA Curup, Lalu Jumaidi, SH MH mengajak media khususnya di Kabupaten Rejang Lebong untuk bersinergi.

Karena menurut Lalu, peran serta media sangat penting guna menginformasikan kegiatan-kegiatan yang ada di dalam Lapas Klas IIA Curup tersebut.”Peran kawan-kawan media sangat kami harapkan dalam menginformasikan apa yang kami lakukan didalam Lapas Kelas IIA Curup ini,” sampai Lalu saat kegiatan media gathering kolaborasi, dalam mendukung resolusi pemasyarakatan tahun 2020 di aula Lapas Kelas IIA Curup, Kamis (27/2) kemarin.

Dijelaskan Lalu, dengan adanya media, maka kedepannya masyarakat akan tahu kegiatan-kegiatan khususnya pembinaan yang dilakukan oleh Lapas Kelas IIA Curup. Sehingga masyarakat tidak berpandangan bahwa warga binaan atau narapidana yang ada di Lapas Kelas IIA Curup hanya makan dan tidur saja.

Menurut Lalu, dalam sehari-harinya banyak sekali kegiatan yang mereka laksanakan atau berikan kepada para warga binsaan mulai dari pemberian sejumlah pelatihan agar mereka memiliki keterampilan saat kembali lagi dengan masyarakat.

“Ada berbagai macam keterampilan yang kami berikan, dengan harapan saat mereka keluar dari sini mereka memiliki kemampuan dan bisa memiliki penghasilan dan tidak mengulangi perbuatan mereka sehingga bisa mencegah mereka masuk kembali kesini,” tambahnya.

Selain pembinaan keterampilan, didalam Lapas Kelas IIA Curup pihaknya juga melakukan kegiatan pembinaan kerohanian, dimana disetiap sore mereka menggelar kelas-kelas pesantren kepada para warga binaan.

Tak hanya itu guna memberikan kebutuhan pendidikan, didalam Lapas Kelas IIA Curup juga pihak lapas menyediakan kelas Paket A, B dan C. Dimana kelas paket tersebut Lapas Kelas IIA Curup bekerjasama dengan lembaga pendidikan non formal yang ada di luar lapas Kelas IIA Curup.

“Dengan adanya kelas paket ini, bagi mereka yang belum memiliki ijazah atau belum lulus sekolah, saat keluar Lapas ini juga nanti mereka bisa memiliki ijazah,” sampainya.

Kemudian, untuk memudahkan awak media dalam memperoleh informasi yang ada di dalam Lapas Kelas IIA Curup tersebut, Lalu mempersilahkan awak media untuk berkunjung ke Lapas Kelas IIA Curup kapan saja mereka mau.”Kapan saja rekan-rekan media mau berkunjung ke Lapas silakan, kami terbuka dan akan memberikan informasi yang dibutuhkan kawan-kawan media,” demikian Lalu. (251)