Lapak Jagung, Mulai Ramai

ARY/Bengkulu Ekspress Lapak penjualan jagung rebus yang ada di Desa Pelapo Kecamatan Sindang Kelingi mulai ramai dikunjungi para pengguna jalan. Meningkatkan pengunjung dilapak jagung rebus tersebut sejak meningkatnya pengamanan di kawasan jalan lintas Curup-Lubuklinggau.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Meningkatkan keamanan jalan lintas Curup-Lubuklinggau mulai memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. Salah satunya bagi para pedagang jagung yang membuka lapak jagung rebus di Kawasan Desa Pelalo Kecamatan Sindang Kelingi. Maryana (57) salah satu pedagang jagung mengaku, mulai ramainya pembeli jualan mereka sejak pemerintah Kabupaten Rejang Lebong menempatkan petugas Satpol PP yang menjaga jalan lintas Curup-Lubuklinggau, kemudian menurutnya lebih ramai lagi sejak petugas kepolisian dari Polres Rejang Lebong melaksanakan patroli rutin maupun penjagaan di jalan yang dulu terkenal rawan aksi kriminalitas tersebut.

“Kalau sekarang Alhamdulillah mulai ramai, dibandingkan dengan dulu sebelum ada Satpol PP dan Polisi yang Patroli, jualan kami sepi bahkan kadang sehari tidak ada pembeli sama sekali,” Aku Maryana.

Dijelaskan Maryana, sejumlah lapak penjualan jagung rebus dan makanan ringan dikawsan Desa Pelalo tersebut buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Sejak ramai pengunjung, dalam seharinya ia bersama sejumlah pedagang jagung lainnya minimal beromzet Rp 100 ribu, namun saat akhir pekan atau saat musim mudik lebaran omzet mereka akan semakin meningkat, dimana dalam seharinya omzet mereka mencapai Rp 500 ribu.

“Kalau hari Minggu, atau hari libur dan saat lebaran dalam seharinya kami bisa mendapat uang Rp 500 ribu,” paparnya.



Sementara itu, Fitriani (27) pedagang jagung lainnya mengungkapkan bahwa para pembeli yang datang ke lapak penjualan jagung rebus dan aneka makanan ringan lainnya tersebut, selain para pengendara yang melintas sebagian besar adalah para wisatawan dari daerah Sumatera Selatan maupun Jambi yang berwisata ke sejumlah kebun bunga yang ada di kawasan Danau Mas Harun Bastari. “Yang banyak mampir sekarang ada wisatawan yang dari berkunjung ke taman bunga yang ada di dekat Danau Mas Harun Bastari,” paparnya.

Selaian para wisatawan dari luar Rejang Lebong, Fitri juga mengaku banyak juga warga Rejang Lebong seperti dari Kota Curup yang datang ke lapak-lapak jagung mereka. Dimana menurutnya warga Curup yang datang kesana yaitu khusus untuk membeli jagung rebus sembari menikmati hamparan alam kawasan Lembak yang masih asri dengan latar belakang Balai Bukit Rejang.

“Dari Curup juga banyak, kalau dari Curup mereka memang sengaja datang untuk membeli jagung sambil melihat keindahan alam disini,” sampai Fitri. Sementara itu, berdasarkan pantauan Bengkulu Ekspress, selain mulai ramainya pengunjung lapak penjualan jagung rebus, dikawasan tersebut juga sudah banyak bermunculan lapak-lapak penjualan sayur-sayur segar dari para petani yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.(251)