Lapak Berpindah, Pedagang Pasar Panorama Sampaikan Protes ke Dewan

Pedagang pasar Panorama yang sampaikan keluhan ke anggota Dewan Komisi III.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Sejumlah pedagang pasar panorama mengeluh terhadap adanya pengocokan ulang nomor posisi lapak tempat mereka berjualan. Keluhan tersebut disampaikan pedagang saat anggota Komisi III DPRD Kota Bengkulu melakukan sidak ke pasar Panorama kota Bengkulu pada Selasa pagi (04/02).

Salah satu pedagang yang sembari menangis menyampaikan keluhannya adalah Maya Sulastri. Dia mengungkapkan kekecewaannya terhadap pengelola pasar yang terkesan semena-mena dan berubah-ubah. Ia yang pada undian pertama mendapat posisi di tengah dan sudah memiliki pelanggan yang hafal tempat ia berjualan malah dipindahkan ke pinggir auning pada undian kedua.

“Awalnya saya dapat undian di auning tempatnya di tengah-tengah, tiba-tiba kemarin (3/1) dilakukan undian ulang. Kami nggak tau kenapa diulang, kami sempat menolak tapi orang yang katanya pengelola pasar tersebut memaksa kami sehingga saya dapat tempat disudut. Bagaimana saya mau berjualan kalau tempat saya disudut dan tertutup,” ungkap Maya sembari menangis di hadapan anggota dewan.

Sementara itu kepala UPTD Pasar, Roni Bambang mengatakan pengocokan ulang tersebut dilakukan bukan oleh pengelola pasar yang berwenang. Ada nama oknum yang disebut oleh para pedagang berinisial F yang melakukan pengocokan ulang lapak yang diakui Roni dilakukan atas kesepakatan para pedagang.

“Pengocokan ulang itu sesuai permintaan pedagang karena banyak pedagang yang tidak mendapatkan lapak di auning. jadi kita sepakat lakukan undian ulang, ya kalo untuk pedagang yang awalnya dapat ditengah dan setelah undian ulang dapat dipinggir ya cukup bersyukurlah, karena masih banyak pedagang yang tidak dapat,” ungkap Roni.

Sebenarnya pengocokan ulang tersebut tidak mendapatkan izin dari pihak UPTD dan diminta untuk dibatalkan. Namun keinginan para pedagang dan adanya dugaan oknum yang memaksa pengocokan ulang membuat rotasi lapak tak terelakkan. (Imn)