Langkah Pertama Mengatasi Kecanduan Ponsel

PONSEL
Foto: ist

jpnn.com – Sama seperti kita melatih diri untuk mengonsumsi lebih sedikit gula.

Kita juga bisa melakukan hal yang sama untuk kecanduan terhadap smartphone, komputer dan perangkat lain.

Menurut Erik Peper, seorang profesor pendidikan kesehatan di San Francisco State University, langkah pertama adalah mengakui bahwa perusahaan teknologi memanfaatkan dan memanipulasi respons biologis kita terhadap bahaya.

Dengan kata lain, ketika kita mendengar ping dari telepon kita, kita beralih ke mode siaga tinggi (dan terkadang kecemasan), mempersiapkan diri untuk apa yang mungkin kita temukan ketika kita memeriksa pesan – apakah itu pemberitahuan teks, email atau media sosial.

Untuk mengatasi hal ini, Peper menyarankan untuk mematikan pemberitahuan push sepenuhnya untuk mengurangi kecemasan itu pada sumbernya.

Tapi bukankah itu bisa membuat seseorang lebih cemas – tidak tahu apakah mereka dibutuhkan atau jika sesuatu yang buruk terjadi?

Mungkin, tetapi Peper merekomendasikan penjadwalan waktu tertentu sepanjang hari yang didedikasikan untuk menanggapi email dan media sosial.

Dengan cara ini, Anda bisa fokus pada tugas-tugas penting selama sisa hari tanpa terganggu oleh pesan dan merasa terdorong untuk segera meresponnya.

Studi ini juga menyebutkan beberapa cara yang lebih jelas dalam menangani kecanduan digital, seperti menutup (atau menjauh dari) akun media sosial atau membuat kelompok menempatkan smartphone mereka di tengah meja sambil makan bersama, dengan orang pertama yang mengambil di perangkat yang diperlukan untuk membeli makanan.

Akankah kiat-kiat ini benar-benar menyelesaikan masalah dan bekerja untuk semua orang? Mungkin tidak, tapi setidaknya itu langkah pertama. Sekarang, letakkan ponsel Anda dan berinteraksi dengan manusia lainnya.(fny/jpnn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*