Langganan Banjir, Dewan Kota Sidak Saluran Drainase di Sawah Lebar Baru

Foto IST/ BE – Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Dapil Bengkulu Selatan-Kaur inisial GY melaporkan istrinya sendiri inisial EG ke Polda Bengkulu pada Selasa (25/5).
Foto IST/ BE – Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Dapil Bengkulu Selatan-Kaur inisial GY melaporkan istrinya sendiri inisial EG ke Polda Bengkulu pada Selasa (25/5).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Komisi II DPRD Kota Bengkulu bersama Dinas PUPR melakukan sidak di saluran drainase RT 4 dan 5 di Kelurahan Sawah Lebar Baru, Selasa (25/05). Pasalnya, warga selalu mengeluhkan daerah tempat mereka tinggal yang selalu terkena banjir jika hujan turun cuma 2 jam saja.

Dari pantauan di lapangan, sempitnya saluran air yang menampung aliran air dari berbagai lokasi menjadi penyebab banjir selalu merendam pemukiman warga.

“Penyebab banjir itu selain siring yang dangkal, memang lokasi pemukiman rendah. Jadi air dari stadion dan dari mana-mana larinya ke sini. Siringnya juga makin ujung makin kecil dan berbelok, itulah penyebab banjir,” jelas Ketua Komisi II, Indra Sukma.

Selain itu, dari pantauan di lokasi ditemukan jika lokasi tersebut termasuk daerah kumuh dan banyak kotoran manusia yang dibuang di siring tersebut. Atas temuan tersebut, pihak dewan akan kembali mengajak DLH dan Dinas Perkim untuk menindaklanjuti temuan tersebut.

Sementara itu, Dinas PUPR melalui Kabid SDA, Yosep Ferry mengatakan terkait persoalan genangan atau banjir ketika hujan di 5 RT sekitar belakang eks balai kota tersebut, memang terjadi penyempitan di beberapa titik siring yang disinyalir menjadi penyebab banjir. Namun pihaknya masih akan melakukan pengkajian untuk menyelesaikan permasalah warga dengan mencari solusi terbaik.

“Jadi kita sudah sama-sama lihat kalau soal genangan atau banjir, kasat mata mungkin sudah terlihat bahwa saluran itu terjadi belokan dan penyempitan di beberapa titik. Jadi prioritas penanganan untuk di titik ini mungkin kita atasi dulu belokan dan penyempitan itu. Ke depan kita di sini memang dibutuhkan saluran yang cukup untuk memenuhi karena di sini merupakan tempat mengalirnya air dari belakang stadion, belakang eks balai kota itu ke sini semua,” tutupnya. (Imn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*