Lanal dan Polda Peduli Masyarakat Terdampak Covid

Bagikan Sembako dan Masker

Personel lanal dan pengurus cabang 4 Korcab II Daerah Jalasenastri Armada I saat membagikan 500 buah masker bagi pengguna jalan yang melintas di depan Mako Lanal Bengkulu. dan Satgas Aman Nusa II Polda Bengkulu memberikan teguran kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker di Pasar Panorama dan Pasar Pagar Dewa Kota Bengkulu.

BENGKULU, BE – Dalam rangka memeriahkan HUT ke-15 Lantamal II Padang, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu melaksanakan bantuan sosial (bansos) dengan membagikan sembako dan masker
kepada masyarakat maritim di wilayah kerja Lanal Bengkulu berpusat di Mako Lanal Bengkulu Jalan RE Martadinata Pulau Baai Kotan Bengkulu.

Sementara Polda Bengkulu rutin turun ke lokasi keramaian seperti pasar dan pusat perbelanjaan, memberikan bantuan pada personel yang melakukan isolasi mandiri dan bantuan sembako pada masyarakat terdampak covid.
Khusus Lanal, membagikan sembako berupa beras sebanyak 50 karung kepada masyarakat maritim yang terdampak Covid -19 serta membagikan 500 lembar masker kepada pengguna jalan yang melintas di depan Mako Lanal Bengkulu oleh personel Lanal dan pengurus cabang 4 Korcab II Daerah Jalasenastri Armada I.

“Kegiatan ini juga merupakan rangkaian dalam memeriahkan HUT ke-15 Lantamal II Padang,” ucap Danlanal Bengkulu, Letkol Laut (P), Yudi Ardian melalui Palaksa (Perwira Pelaksana) Mayor Laut (P) Kamaluddin, kemarin (31/7).

Ia mengatakan, bahwa kegiatan ini selain memeriahkan HUT ke 15 Lantamal II Padang, juga sebagai bentuk kepedulian dari TNI AL yakni Lanal Bengkulu terhadap masyarakat Maritim yang terdampak Covid-19.

“Kita sekarang ini sama-sama saling merasakan betapa sulitnya di masa PPKM level 4, semoga dengan apa yang kita berikan saat ini bisa sedikit untuk mengurangi beban perekonomian warga,” tuturnya.

Ia berharap, dengan kesadaran yang tinggi dari warga Bengkulu, baik nelayan, pedagang terkait penerapan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak atupun tidak berkerumun dapat meminimalisir penyebaran pandemi Covid-19 di Bengkulu. Sehingga pandemi Covid ini bisa segera berakhir.

“Kita minta seluruh warga Bengkulu taati protokol kesehatan (prokes) yang ada, karena dengan cara tersebutlah yang bisa memutus mata rantai dari penyebaran virus korona dan juga kita bisa beraktifitas normal lagi nantinya,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya akan terus mendukung program pemerintah pusat dan daerah dalam menjalani aturan yang ada serta dalam mendukung program pemerintah terkait vaksinasi.
“Kita akan terus mendukung program dari pemerintah pusat dan daerah, karena tujuannya sama yakni untuk menyudahi pandemi Covid 19 ini,” tutupnya.

Rutin Patroli hingga Berikan Bantuan

Sementara itu, Kepolisian Daerah Bengkulu juga mendukung penuh upaya pemerintah menanggulangi penyebaran wabah Covid-19 di Provinsi Bengkulu. Sejumlah kegaitan telah dilakukan, mulai dari penyekatan hingga patroli rutin lokasi keramaian

Kabid Humas Polda Bengkulu, Kombes Pol Sudarno SSos MH menjelaskan, berkaitan dengan patroli dilakukan rutin oleh Satgas Aman Nusa II, patroli dilakukan setiap hari, siang hingga malam menyasar lokasi keramaian.
“Menyampaikan himbauan agar masyarakat tetap mengutamakan protokol kesehatan, sasaran utamannya lokasi keramaian seperti pasar,” jelas Kabid Humas.

Dari beberapa kali patroli aman nusa yang dilakukan, kepatuhan masyarakat meningkat terkait dengan prokes salah satunya memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. Memang masih ada beberapa tidak menggunakan masker, tetapi petugas langsung memberikan himbauan. Seperti patroli Aman Nusa di Pasar Panorama dan Pasar Pagar Dewa, Sabtu (31/7) pagi.

“Sebagian besar sudah mentaati aturan, hanya ada beberapa berdasarkan pemantauan di pasar. Tetapi personel langsung memberikan himbuan dan teguran,” imbuh Kabid Humas.
Polda Bengkulu mempersiapkan 270 personel gabungan mulai dari Bintara remaja, TNI AL, Senkom dan Dit Polair untuk menjadi tracer Covid-19.

Untuk sementara ini, mereka akan disebar di sejumlah Kecamatan di Kota Bengkulu untuk melacak kasus covid-19. Diharapkan setelah mendapatkan pembekalan terkait tracer dari narasumber, personel tersebut bisa menjalankan tugas dengan baik selama di lapangan.

“Kami berharap dengan adanya personel yang dilatih menjadi tracer turut mempercepat penanggulangan Covid-19 di Bengkulu,” terang Kabid Humas.

Ratusan paket sembako telah diberikan Polda Bengkulu pada masyarakat dan personel yang melakukan isolasi mandiri. Polda Bengkulu menggandeng ojek online untuk mengirimkan paket sembako kepada penerima. Karena isolasi mandiri lamanya bisa satu minggu lebih, maka bantuan sembako yang diberikan pada anggota berupa bahan makanan pokok seperti sayuran, makanan dan lainnya. Untuk bantuan vitamin dan suplemen telah diberikan pada bantuan tahap sebelumnya. Selain membantu pemasukan para pengemudi ojek online, pendistribusian tersebut juga menghindari kerumunan. (167/529)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*