Lanal Bengkulu Sweeping Nelayan Melaut

Lanal Bengkulu

Bengkulu,Bengkuluekspress.com- Pangkalan Angkatan Laut (LANAL) Bengkulu menggelar sweeping (operasi/razia) kepada nelayan di pintu masuk pelabuhan Pulau Baai pada Minggu (11/3/18) dini hari tadi.

Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Bengkulu  Agus Izudin mengatakan, “Tadi malam kita mendapat informasi kelompok nelayan yang ada di Pulau Baai akan melaksanakan mancing mania. Setelah kita adakan sweeping  di lapangan, ternyata kita menemukan banyak dari mereka membawa sajam (senjata tajam). Sajam  itu lalu disita. Meski begitu  para nelayan tadi dibiarkan melakukan pemancingan.

Penyitaan sajam itu dilakukan karena TNI AL tidak ingin terjadi hal yang tidak diingikan nantinya. Mengingat kondisi antar nelayan di Bengkulu yang kurang kondusif.

Kemudian beberapa waktu setelah itu, TNI AL mendapat lagi informasi ternyata ada nelayan dari kelompok pulau Baai kumpul di daerah Pantai Malabero. Mereka menyatakan juga ingin memancing di dekat pantai tersebut.

Untuk menghindari terjadinya konflik antar nelayan dari kelompok pulau Baai dan nelayan pantai Malabero, Lanal dan Polairut juga melakukan patroli bersama di sana.

“Kita arahkan dan lakukan pengalihan tempat mancing nelayan yang dari Pulau Baai untuk menghindari terjadinya konflik  ke arah selatan saja agar situasi tetap kondusif,” pungkas Agus Izudin.

Agus Izudin berharap, agar konflik yang terjadi antar nelayan tidak terjadi lagi dan ketegangan antar nelayan yang ada di Bengkulu saat ini selesai semuanya. (HBN)

Baca Juga

Nelayan Tradisional Sujud Syukur