Lanal Bengkulu Gelar Apel Pasukan, Siap Tegakkan Protokol Covid dan Amankan Pilkada

 

 

IST/BE
Lanal Bengkulu melaksanakan apel gelar pasukan dan peralatan guna mendukung Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan dan Pengamanan Pilkada Serentak 2020, Rabu (16/9).

BENGKULU, BE – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu melaksanakan apel gelar pasukan dan peralatan dalam rangka mendukung dua tugas penting yang harus dilaksanakan yakni Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan dan Pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Di Provinsi Bengkulu Tahun 2020.
Apel tersebut dipimpin oleh Danlanal Bengkulu, Letkol Laut (P) Yustus Nasarius Rossi yang diikuti seluruh prajurit dan PNS Lanal di lapangan apel Markas Komando (Mako) Lanal, Jalan RE Martadinata No. 10 Kota Bengkulu, Selasa (16/9).
Danlanal Bengkulu dalam amanatnya mengatakan, apel gelar pasukan dan peralatan ini dilaksanakan dalam rangka cek dan ricek serta fungsi kontrol kegiatan yang sudah dilaksanakan untuk Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan dan kesiapan Lanal Bengkulu guna mendukung Pengamanan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan secara serentak baik itu Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu serta pemilihan Bupati dan Walikota di Provinsi Bengkulu pada bulan Desember Tahun 2020 mendatang.
Apel Kesiapan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan mental dan kesehatan prajurit, kesiapan sarana dan prasarana pendukung serta menyampaikan arahan dari pimpinan pusat agar dapat langsung dipahami seluruh personel Lanal Bengkulu.
Ditambahkan Danlanal, dalam pelaksanaan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan, selain telah ada tim gabungan dari Pemerintah Daerah bersama TNI – POLRI, Lanal Bengkulu juga berperan aktif secara mandiri untuk melaksanakannya.
Sedangkan untuk kesiapan pengamanan Pilkada, sesuai amanah UU Nomor 34 Tahun 2004, TNI wajib menjaga netralitas dan terciptanya kondusifitas keamanan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah, dalam pengerahan pasukan tetap harus sesuai prosedur permintaan bantuan dari Polri.
“Saya perintahkan untuk prajurit Lanal Bengkulu untuk netral dan tidak melibatkan diri dalam kegiatan politik dan jauhkan diri dari kegiatan politik praktis serta tetap jaga profesionalisme dan sinergitas dengan unsur aparat lainnya,” pungkas Danlanal.
Selama kegiatan berlangsung diterapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan jaga jarak. (rls)