Lanal Bengkulu dan PMI Gelar Serbuan Donor Plasma Konvalescent

FOTO IST/ Pangkalan TNI Angkatan Laut Bengkulu bekerjasama dengan UTD Palang Merah Indonesia menggelar Bakti Sosial serbuan Donor Plasma Konvalescent Dan Donor Darah Reguler, Kamis (12/08)

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pangkalan TNI Angkatan Laut Bengkulu bekerjasama dengan UTD Palang Merah Indonesia menggelar Bakti Sosial serbuan Donor Plasma Konvalescent Dan Donor Darah Reguler. Kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian kemanusiaan TNI Angkatan Laut serta dalam rangka menyambut HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan berpusat di Aula Yos Sudarso Mako Lanal Bengkulu Jl RE Martadinata No 10 Pulau Baai Kota Bengkulu, Kamis (12/08).

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu, Letkol Laut (P) Yudi Ardian melalui Palaksa Mayor Laut (P) Kamaluddin, menyampaikan kegiatan donor darah pada hari ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia sesuai arahan Bapak KASAL Laksamana TNI Yudo Margono S E M M.

“Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan sebagai wujud kepedulian kemanusiaan seluruh jajaran TNI Angkatan Laut dan upaya bhakti sosial berupa donor darah untuk memenuhi kebutuhan darah di wilayah kerja Pangkalan TNI Angkatan Laut di seluruh Indonesia. Semoga kegiatan donor darah ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan serta menambah persediaan stok darah di Bengkulu.” ungkapnya.

Kegiatan ini juga di tinjau langsung melalui Video Conference oleh KASAL dari Komando Lintas Laut Militer (KOLINLAMIL) Jakarta bersama Ketua Umum Palang Merah Indonesia Yusuf Kalla.

Pada kesempatan tersebut Kepala Balai Pengobatan Lanal bengkulu dr Nova Herlinda menyampaikan bahwa donor plasma konvalesens tidak bisa dilaksanakan karena UTD PMI Kota Bengkulu tidak memiliki alat apheresis sehingga hanya bisa donor darah reguler.

“Terdaftar ada 55 orang pendonor yang terdiri dari Prajurit dan ASN Lanal Bengkulu, Personel Korem 041/Gamas, personel Ditpolair dan Brimob Polda Bengkulu, Pelindo II Cab Bengkulu dan ibu-ibu Jalasenastri Cabang 4 Korcab II DJA I. Namun capaian donor darah hanya 32 kantong dikarenakan dari hasil pemeriksaan kesehatan tidak dapat dilakukan donor darah,“ kata dr Nova. (Imn)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*