Lanal Bengkulu Bina Desa Pesisir

3.MUKOMUKO, BE – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu memberikan pembinaan kepada para nelayan di Kelurahan Bandar Ratu Kabupaten Mukomuko, kemarin. Para nelayan diberikan pengetahuan selain cara tangkap ikan yang baik, juga didorong ikut menjaga ekosistem laut. Hadir mewakili Danlanal Bengkulu Lettu Laut, Sugeng didampingi Kadis DKP Kabupaten Mukomuko Eddy Apriyanto SP dan Camat Kota Mukomuko Badi Uzaman.

“Kegiatan ini merupakan salah satu kepedulian Lanal Bengkulu kepada para nelayan khususnya nelayan di Mukomuko,” kata Sugeng.
Pembinaan itu, kata dia, di bidang perikanan, bela negara dan SAR terbatas. Kalangan nelayan diberikan pemahaman bagaimana menangkap ikan dengan benar, penyelamatan, memberikan pertolongan, timbulnya rasa patriotisme dan lainnya. Pembinaan itu terus dilakukan hingga desa/kelurahan yang menjadi binaan Lanal Bengkulu mandiri. “ Sejak kelurahan ini kita bina banyak kemajuan yang diperoleh para nelayan. Makanya pembinaan akan terus dilakukan secara berkesinambungan hingga nelayan tersebut benar-benar bisa mandiri,”bebernya.

Sugeng juga menyampaikan keluhan nelayan yang terbanyak mengenai masih banyaknya pengguna alat tangkap trawl atau sejenis pukat harimau. Laporan tersebut ditampung dan akan dilaporkan ke Komandan Lanal.“Informasi ini akan kita tindaklanjuti,”tutupnya.(900)