Lampu Jalan Mati, Telepon ke 085379255550

listrik 30-01BENGKULU, BE РIni informasi penting bagi warga Kota Bengkulu yang masih mengeluhkan adanya lampu jalan yang mati.  Pemerintah Kota Bengkulu mempersilakan kepada warga yang mengeluhkan adanya lampu jalan yang rusak atau mati untuk langsung memberikan laporan kepada Dinas Pertamanan dan Kebersihan (Distamber) Kota Bengkulu.

“Bagi siapa saja yang lampu jalan di kawasannya mati, bisa langsung menghubungi kami di Distamber yang ada di Kebun Binatang Taman Remaja atau bisa dengan menghubungi nomor telepon 085379255550,” kata Kepala Bidang Penerangan Jalan Umum (PJU) pada Distamber Kota Bengkulu, Darius SH, kemarin.

Pantauan jurnalis, Distamber Kota Bengkulu telah memiliki 1 unit mobil tangga baru yang bisa digunakan kapan saja untuk keperluan memperbaiki lampu jalan yang rusak. Disamping itu, pada APBD tahun 2014 ini, Distamber Kota Bengkulu telah dialokasikan anggaran untuk kegiatan pemeliharaan lampu jalan yang rusak sebesar Rp 600 juta.

“Hari ini (kemarin, red) kita memperbaiki 10 titik lampu jalan di Jalan Sukamaju RT 3 Kelurahan Padang Serai. Semuanya rusak karena faktor usia,” lanjutnya.

Selama ini, Pemerintah Kota Bengkulu masih menggunakan lampu jenis High Pressure Sodium (HPS) atau lampu jalan jenis SON. Namun pada tahun mendatang, Pemerintah Kota telah mencanangkan mulai menggunakan lampu Light Emitting Diode (LED). Lampu LED merupakan jenis lampu yang hemat biaya listrik dan lebih ramah lingkungan serta lebih awet.

Selain itu, Pemerintah Kota juga telah berinisiatif untuk menambah 114 titik lampu jalan yang baru. Penambahan ini akan dipasang di tiga lokasi diantaranya dari Simpang Lima Soeprapto ke Masjid Akbar At Taqwa Kelurahan Anggut Atas, Simpang Lima Soeprapto ke Kelurahan Sukamerindu dan kawasan Pasar Panorama.

Dalam plafon sementara, Distamber Kota Bengkulu mengajukan anggaran pemeliharaan lampu jalan tahun depan sebanyak Rp 900 juta, pambangunan tiang dan lampu taman sebesar Rp 180 juta, pemasangan lampu penerangan jalan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah sebesar Rp 80 juta, dan pemasangan lampu LED di Pasar Panorama sebesar Rp 220 juta.

Respon cepat keluhan warga ini dipelopori oleh Walikota Bengkulu. Ia berharap setiap kelurahan warga yang masuk harus segera ditindaklanjuti oleh instansi terkait. Ia pun telah meminta kepada instansi terkait untuk merespon adanya keluhan warga atas lampu jalan yang mati di kawasan Kelurahan Lempuing. (009)