Lahirkan Bibit-bibit Pembalap Handal, Pemprov Bengkulu Siap Bangun Sirkuit

EKO/Bengkulu Ekspress BUKA: Plt Gubernur Rohidin Mersyah dan Danrem 041/Gamas Kolonel Inf Agung Pambudi saat membuka event loadrace yang digelar didepan makorem Bengkulu.
EKO/Bengkulu Ekspress BUKA: Plt Gubernur Rohidin Mersyah dan Danrem 041/Gamas Kolonel Inf Agung Pambudi saat membuka event loadrace yang digelar didepan makorem Bengkulu.

 

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Hingga saat ini, jantung Provinsi Bengkulu yang ada di Kota Bengkulu belum memiliki sirkuit balap motor atau roadrace secara permanen. Padahal, event menggali bakat pembalap asal Bengkulu sudah sering dilakukan di Kota Bengkulu. Untuk itu, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu berencana akan membangun sirkuit secara parmanen. Sebab lahan seluas 4 hentar yang ada di Sukaraja milik Pemda Kota Bengkulu, sudah disiapkan untuk dibangun.

“Lahan ini sudah ada, kita siap bangun, jika memang lahan itu diserahkan ke provinsi,” terang Rohidin saat usai membuka secara langsung event roadrace yang digelar oleh Korem 041/Gamas Bengkulu, kemarin (22/10).

Dijelaskannya, ketika tanah tersebut dihibahkan, maka pemprov akan menganggarkan melalui APBD provinsi. Sebab jika tidak dihibahkan, pemprov tidak bisa membangun sirkuit secara permanan tersebut. “Kalau tidak dibahkan, kita tidak bisa menganggarkannya,” tambahnya.

Jika memang tidak hibahkan, pemprov akan mendorong pemda kota untuk membangunan sirkuit tersebut. Nantinya, pemprov akan membantu anggaran lainnya untuk menunjang pembangunan surkuit. Dengan demikian, pemda kota akan lebih terbantu dalam penganggaran pembangunannya nanti. “Kita berharap pemda kota bisa membangunnya dulu. Nanti kita bisa bantu anggarannya,” ungkap Rohidin.

Pembangunan sikuit permanen ini sangat penting untuk dilakukan. Sebab, selain dapat menggali bakat pembalap, hal ini juga mengurangi balap liar yang dilakukan anak-anak muda Bengkulu. Rohidin menceritakan, untuk membangun sikuit permanen itu tidak lah susah untuk dilakukan. Sebab dirinya juga memiliki pengalamanan dalam membangun sikuit permanen yang ada di Bengkulu Selatan, saat dirinya masih menjabat sebagai Wakil Bupati Bengkulu Selatan lalu.

“Jadi memang sudah pantas Bengkulu memiliki sirkuit secara permanen,” tegasnya.

Sementara itu, Komandan Korem (Danrem) 041/Gamas Kolonel Inf Agung Pambudi mengatakan, event roadreca yang digelar selama dua hari oleh Korem 041/Gamas ini tidak lain untuk menggali bakat potensi pembalap yang ada di Provinsi Bengkulu. Sekaligus sebagai sarana menyalurkan bakat dan hobby para pencinta otomotif Bengkulu.

“Hobi para pencinta motor balap bisa tersalurkan. Sehingga bibit-bibit pembalap di Bengkulu bisa bermunculan,” ujar Agung.

Agung menegaskan, kejuaraan balap motor piala Danrem ini akan digelar setiap tahun. Rencananya, akan dibuat piala bergilir Danrem 041/Gamas. Sehingga event tahunan ini bisa lebih meraih dan ramai diikuti oleh pembalap Bengkulu maupun luar Bengkulu.

“Ini nanti kita akan jadikan event tahunan, biar bisa menjadi piala bergilir Danrem,” pungkasnya. (151)