Lahan PT Aagri Andalas Abrasi

Bengkulu
Jefryy/Bengkulu Ekspress – Gubernur dan Bupati Seluma saat mengunjungi kawasan abrasi di Pasar Seluma, beberapa waktu lalu.

SELUMA SELATAN, Bengkulu Ekspress – Lahan perkebunan PT Agri Andalas (AA) di Kecamatan Seluma Selatan, Pasar Seluma ikut terkena abrasi pantai (pengikisan air laut). Luasnya mencapai 0,5 hektar. Akibatnya sedikitnya 60 pohon sawit milik perusahaan itu mati tergerus arus. .

“Sebelumnya jarak tanaman sawit yang ditanam jauh dari bibir pantai muara sungai, namun lama kelamaan semakin dekat akibat selalu tergerus arus sungai dan laut,” tegas Human Resources Development(HRD) PT AA Hasan kepada Bengkulu Ekspress kemarin (19/1).

Perusahaan perkebunan itu belum bisa berbuat banyak mengatasi kerusakan disebabkan faktor alam itu. Mengingat sebelumnya Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu akan menindak lanjutinya dengan mendatangkan ahli. Lokasi abrasi itu dibangun grip ataupun dam pengaman pantai.

“Sejauh ini kita belum bisa bertindak setelah masih menunggu tindak lanjut dari Provinsi Bengkulu,” ucapnya.

Hasan menambahkan, sebelumnya kawasan PT AA cukup jauh dari aliran sungai dan muara sungai. Begitu juga dengan pemukiman masyarakat di sekitar Pasar Seluma.

Menurutnya, jika Pemprov Bengkulu menghendaki lahan yang terkena abrasi itu, PT AA mau memberikannya. Dengan harapan bisa dimanfaatkan dan disulap menjadi hal yang bermanfaat.

Terkecuali dengan masyarakat yang hendak  melakukan perluasan lokasi desa mereka. Mengingat lahan abrasi berada jauh dari lokasi desa. Sedangkan warga yang hendak melakukan pengbangan berada di kawasan perdesaaan dan lokasi itupun sudah diganti rugi sebelumnya. (333)