Lahan Kosong Pemkab Terbakar

ERICK/BE
PADAMKAN: Petugas dari Damkar Dinas Sat Pol PP Kabupaten Lebong ketika memadamkan api yang membakar lahan kosong milik Pemkab.

LEBONG, Bengkuluekspress.com – Lahan kosong seluas sekitar 1 hektar milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong yang berada di kawasan komplek perkantoran terbakar.

Data terhimpun, kejadian lahan milik Pemkab terbakar sekitar pukul 12.00 WIB, Selasa (21/07).

Para pegawai serta masyarakat sekitar terkejut melihat asap hitam pekat di di lahan kosong tersebut.

Takut api semakin membesar dan merembet ke kawasan perkantoran dan perumahan warga, warga langsung menghubungi pihak Damkar Dinas Sat Pol PP.

Kemudian menurunkan 2 unit mobil damkar untuk memadamkan kobaran api.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebong, Sailillah mengatakan, bahwa dirinya bersama pegawai yang sedang bersantai di teras kantor, tiba-tiba melihat kepulan asap dari lahan kosong yang berada di seberang kantor BPBD.

“Seketika kepulan asap membuat para pegawai panik dan sempat mengabadikan melalui telepon selulernya,” jelansya, Selasa (21/07).

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Ekosistem Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS), Hizkia Sinuhaji menduga bahwa api kemungkinan besar berasal dari lahan warga yang memang sengaja membakar lahan untuk bercocok tanam.

“Karena ada lahan warga yang ikut terbakar dan kondisi apinya sudah mengecil,” ujarnya.

Menurutnya, akan tetapi karena kondisi cuaca panas dan angin kencang mengakibatkan api merembet ke lahan kosong yang diketahui merupakan lahan milik Pemkab Lebong.

Beruntung warga dan dibantu mobil Damkar langsung memutus penyebaran api sehingga tidak menyebar lebih luas.

“Jika tidak cepat diketahui, bisa-bisa api semakin membesar dan merembet ke perkantoran maupun perumahan warga,” tuturnya. (614)