Lahan Kosong Dimaksimalkan

ARGA MAKMUR, BE – Banyaknya lahan kosong dan seolah-olah tidak bertuan¬† membuat gerah pemerintah daerah. Padahal lahan itu milik pemerintah daerah. Terkait hal ini,¬† Bupati Dr H Imron Rosyadi MM MSi meminta anak buahnya membuat papan pengumuman bahwa lahan tersebut milik pemkab Bengkulu Utara, yang bertujuan untuk mengetahui respon warga tentang kepemilikan tersebut, “Lahan yang dikatakan tidak bertuan itu dibuatkan saja papan pengumuman agar diketahui masyarakat,” kata Imron.
Hal tersebut untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat bahwa hak kepemilikan atas tanah harus diketahui dengan jelas. Tidak membiarkan lahan kosong tanpa ada hasil, dan pembayaran pajak disetiap jatuh tempo harus rutin dilaksanakan. Salah satu upaya tersebut akan mendorong masyarakat untuk membayar pajak. “Secara tidak langsung dengan adanya pembayaran pajak, maka akan meningkatkan PAD,” jelasnya.
Selain itu bupati juga mengharapkan untuk memanfaatkan lahan dengan tanaman bermanfaat yang dapat menunjang peningkatan perekonomian rakyat, dan dengan adanya papan pengumuman tersebut akan diketahui lahan mana saja yang memiliki sertifikat asli dan siapa pemiliknya. (117)