Lahan 1,14 Ha untuk Arung Jeram

ARUNG JERAM: Olahraga arung jeram ini akan terus digalakan oleh dinas pariwisata BS untuk meningkatkan kunjungan wisata ke BS.

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Kepala Dinas Pariwisata Bengkulu Selatan (BS), Drs H Yulian Fauzi MAP mengaku saat ini olahraga arung jeram sudah ditetapkan sebagai salah satu wisata unggulan di BS. Oleh karena itu, pihaknya akan berupaya mengembangkan olahraga tersebut.

Salah satu upaya yang dilakukan dengan pembelian lahan warga, sebagai lokasi pendaratan usai mengarungi sungai Air Manna.“ Lahan yang akan kita beli di Desa kayu Ajaran dekat air terjun geluguran, luasnya 1,14 Hektar,” katanya.

Dikatakan Yulian, lahan tersebut nanti menjadi lokasi garis finish. Sehingga akan dibangun tempat sangai seperti gazebo dan pendukung lainnya. Sedankan saat ini masih menjadi lahan warga. Sehingga nanti, setelah dibeli menjadi asset pemda BS dan pemda BS bisa mengolahnya semaksimal mungkin.

“ Untuk dana pembeliannya kita harapkan bisa dianggarkan di APBD BS,” harap Yulian.

Bupati BS, Gusnan Mulyadi SE MM mendukung rencana tersebut. Dikatakannya, jika untuk mendukung kemajuan pengembangan obyek wisata di BS, dirinya sangat mendukunnya. Sehingga nanti anggaran biaya untuk pembelian lahan tersebut bisa dimasukan pada APBD BS.“ Itu bagus, dan saya sangat mendukungnya,” katanya.

Dijelaskan Gusnan, dalam olahraga arung jeram tersebut lokasi titik star di Desa Air Tenam juga perlu ada pembenahan, sehingga nanti peminat olahraga ini semakin meningkat.

Dengan begitu kunjungan wisata ke BS semakin ramai. Begitu juga lokasi finish sebagai tempat peristirahatan peserta usai mengarungi aliran sungai Air Manna, perlu dibenahi, agar mereka nyaman beristirahat di lokasi garis finish.

“ semoga ke depan olahraga arung jeram semakin banyak peminatnya, untuk itu perlu dilakukan penataan semaksimal mungkin,” demikian Gusnan. (369)