Lagi, Polhut Amankan 1,5 M3 Kayu Tak Bertuan

AIR NIPIS, BE – Dalam razia yang digelar pada Rabu (5/12) lalu, Anggota Polisi Kehutanan (Polhut) BS kembali menemukan kayu tak bertuan. Kayu itu diduga diambil dari kawasan Hutan Produksi Air Bengkenang, tepatnya di Desa Suka Maju Kecamatan Air Nipis, Pada Register 80.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kehutanan dan ESDM, Ir Toni Gusnaidi didampingi Kabid Keamanan Hutan Nasrul Khalik SH kepala BE kemarin,”Kami kembali menemukan kayu tak bertuan sebanyak 1,5 M3,” katanya.
Menurut Toni, kayu yang ditemukan itu Jenisnya Keruing. Adapun kayu itu ditemukan pada Rabu sore sekitar pukul 16.30 WIB, disalah satu Kebun Kelapa Sawit di Desa Suka Maju Kecamatan Air Nipis.

Lanjut dia ditemukannya kayu itu berdasarkan laporan dari masyarakat, yang menginformasikan ada kayu yang dikeluarkan dari HP Air Bengkenang. Sehingga pada Rabu itu juga, Polhut langsung menuju TKP (Tempat Kejadian Perkara). Saat tiba dilokasi Polhut langsung menelusuri keberadaan kayu tersebut. Ternyata kayu itu disembunyikan oleh pemiliknya di kebun sawit, dan kayu itu tidak ditumpuk.
“Saat kami temukan, kayu itu berserakan dengan lokasi yang agak berjauhan.Sehingga setelah dikumpulkan semua, total kayu itu sebanyak 1,5 M3 dengan ukuran 7 x 14 x 4,” ucapnya.

Ditambahkan Toni, saat menemukan kayu itu terlebih dahulu angggotanya melakukan pengintaian, untuk mengetahui pemilik kayu tersebut. Setelah 3 jam, tidak ada seorang pun warga yang mendekati apa lagi membawa kayu itu pulang. Sehingga anggotanya langsung mengumpulkan dan membawa kayu itu ke Kota Manna, untuk diamankan di Gudang Dinas Kehutanan dan ESDM BS. “Sebenarnya kami belum ambil kayu itu, tapi masih kami intip agar bisa menangkap pemiliknya. Namun tetap juga tidak berhasil, sehingga kayu itu kami angkut dan diamankan digudang kantor kehutanan dan ESDM,” terangnya.(369)