Lagi, Lahan RSUD M Yunus Terbakar

GADING CEMPAKA, BE – Kebakaran lahan semak belukar dimusim kemarau saat ini semakin sering terjadi di Kota Bengkulu. Pasca terbakarnya Lahan di Tugu Hiu, kebakaran ilalang  dibelakang gudang PT Hasfarm di kelurahan Bumi Ayu, kebakaran CADB, kebakaran rumah di samping Dehasen, dan kebakaran di lahan di Jalan Hibrida 15. Kemarin, sekitar pukul 11.30 WIB,  kebakaran pada lahan kosong kembali terjadi.

Kali ini, lahan kosong seluas 0,5 hektar di kawasan Jalan Bhayangkara RT 15 Kelurahan Sidomulyo, tepatnya didepan RSUD M Yunus Bengkulu yang terbakar.

Warga setempat yang melihat ada titik api di lahan rumah sakit ini langsung bergotong royong memadamkan api. Beruntung api belum terlalu membesar, sehingga bisa cepat dipadamkan. Walaupun tanpa bantuan dari PBK (Petugas Pemadam Kebakaran).

Alhasil warga sekitar yang sebelumnya cemas pun menjadi lega, karena rumah mereka tidak ikut dilalap api.

“Untung cepat dipadamkan, jika tida rumah saya habis terbakar,” ucap Aminah, pemilik rumah disamping lahan yang terbakar, kemarin di TKP.
Belum diketahui asal api dari mana.

Namun warga setempat menduga berhasil dari puntung rokok yang dibuang pemakai jalan ke arah semak-semak itu. Hal ini seperti dituturkan warga setempat Wartini, wanita ini mengaku melihat sumber api pertama kali berasal dari  arah pinggir jalan raya di lahan terbakar itu. Musim kemarau membuat kondisi ilalang disana kering. Sehingga api cepat merambat ke semak – belukar dilahan milik warga yang saat ini tinggal di Jakarta.

  “Sumber api, dari puntung rokok. Karena saya lihat ada pengendara motor yang buang puntung rokok kesitu,” kata Wartini sembari menunjukan lokasi lahan yang terbakar itu. (111)