Lagi, 111 Warga BU Positif Covid-19

Tim juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten BU, Ujang Ismail SKM MPH

ARGA MAKMUR,bengkuluekspress.com – Peningkatan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bengkulu Utara (BU) kembali terjadi. Berdasarkan dari tim Satgas Penanganan Covid-19 BU dalam press rilisnya, Rabu (21/7) ada sebanayak 111 tambahan kasus baru. Sehingga membuat total kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 kembali meningkat yakni 1.141 kasus.

Tim juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten BU, Ujang Ismail SKM MPH mengatakan, bahwa peningkatan kasus ini terjadi setelah pihaknya menggabungkan hasil tes swab PCR dan tes swab antigen. Hal ini lantaran Kabupaten BU masuk di daerah B, maka tes swab antigen sudah bisa menjadi alat rapid diagnostic. Dimana hasil dari pemeriksaan tes swab antigen akan dicatat dan dilaporkan sebagai kasus terkonfirmasi positif sama seperti hasil tes PCR. Namun dalam sistem pelaporannya dilakukan pemisahan mana yang berasal dari pemeriksaan swab Antigen dan mana yang berasal dari swab PCR.
“Karena sudah masuk daerah B, maka hasil tes swab antigen sudah menjadi diagnosa dalam pemeriksaan Covid-19. Oleh karena itu peningkatan kasus terkonfrimasi kita saat ini terus meningkat,”kata Ujang.

Ditambahkannya, dengan menjadi tes swab antigen menjadi dasar pemeriksaan covid-19 untuk penulusuran kontak erat membuat percepatan penanganan covid-19. Semakin cepat penanganan semakin cepat pula kasus covid-19 dapat terhenti dan menjadi harapan tim Satgas Penanganan Covid-19.
“Mudah-mudahan penanganan Covid-19 di daerah kita semakin cepat tertangani,”ungkapnya.

Selain ada tambahan kasus baru, Ujang juga menuturkan, terdapat penambahan kasus sembuh sebnayak 73 orang yang telah dinyatakan sembuh, sehingga total kasus sembuh saat ini diangka 1060 kasus. Sedangkan kasus meninggal dunia saat ini berjumlah 39 setelah ada tambahan 2 orang meninggal dunia yang dinyatakan positif covid-19. Sedangkan untuk kasus aktif atau pasien dalam pemantauan saat ini berjumlah 320 kasus. Dirinya pun berharap, masyarakat tidak bosan untuk selalu menerapkan 3 M memcuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak. Selain itu masyarakat juga di minta untuk memaklumi segala bentuk aturan terkait penanganan covid 19, karena hal tersebut dilakukan guna memutus penyebaran covid 19.
“Kita harap kepada masyarakat selalu tetap waspada dan dapat benar-benar menerapkan prokes secara ketat, karena kasus ini kian hari kian meningkat dan masyarakat harus memaklumi segala bentuk aturan yang diterapkan pemerintah, semua ini dilakukan demi memutus mata rantai penyebaram Covid-19,”pungkasnya.(127)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*