Laboratorium RSMY Disiapkan untuk Uji Swab Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Laboratorium di Rumah Sakit M Yunus (RSMY) Bengkulu dipersiapkan untuk tempat uji sampel swab Covid-19. Diakui Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni, pihaknya telah menerima surat dari Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia terkait usulan pelaksanaan uji swab di laboratorium RSMY Bengkulu tersebut.

“Tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu akan menilai kelayakan RSMY Bengkulu untuk dijadikan laboratorium untuk pemeriksaan PCR besok Rabu (8/4),” ujar Herwan saat update kasus covid-19 di Bengkulu, Selasa (7/4).

Dijelaskan Herwan, ada beberapa syarat yang ditetapkan Kemenkes RI agar laboratorium di daerah bisa dijadikan tempat pemeriksaan sampel Covid-19. Syarat-syarat tersebut yakni adalah kesanggupan pemerintah daerah itu sendiri, kedua memiliki kelengkapan alat pelindung diri atau APD untuk tenaga medis yang akan melakukan pemeriksaan sampel Covid-19.

Kemudian, laboratorium tersebut harus memiliki PCM atau alat seperti mikroskop. Dan terakhir laboratorium tersebut harus memiliki ruangan bertekanan negatif. “Untuk PCM kita sudah ada dan ruangan bertekanan negatif ini yang sedang dipersiapkan. Peralatan-peralatan penunjang lainnya juga sedang dipersiapkan,” kata Herwan.

Ditambahkan Herwan, setelah pihaknya selesai melakukan penilaian, diharapkan tim ahli dari Kemenkes RI dapat meninjau langsung persiapan laboratorium RSMY Bengkulu untuk melakukan uji swab sehingga sampel Swab kasus Covid-19 di Bengkulu tidak perlu lagi dikirim ke balai besar kesehatan Palembang.(HBN)