Kurban 15 Ekor Sapi dan 3 Ekor Kambing, Walikota Minta Daging Kurban Diantar Door to Door


MEDI/BE
Walikota Helmi Hasan saat menyembelih hewan kurban di balai kota usai melaksanakan salat ID, Jum’at (31/7)

BENGKULU, bengkuluekspress.com-Pemerintah Kota Bengkulu hari ini melakukan penyembelihan hewan kurban sebanyak 15 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Pemotongan hewan ini disebar dibeberapa masjid dan salah satunya di masjid At Taqwa anggut atas.
Dalam proses ini Walikota Helmi Hasan memastikan bahwa daging hewan kurban akan diantar oleh petugas masjid dari rumah ke rumah, hal ini untuk mencegah terjadinya perkumpulan massa sesuai protokol kesehatan.

“Pembagian tidak boleh ngumpul, tapi dibagikan ke rumah-rumah yang memang sudah mendapatkan kupon. Maka panitia kita minta agar mau sedikit berkeringat membagikan ke rumah-rumah,” kata Helmi Hasan, Jum’at  (31/7).

Untuk diketahui, meskipun sebagian besar masjid akan memulai penyembelihan hari Sabtu, namunWalikota Helmi Hasan lebih dulu melakukan penyembelihan langsung terhadap 1 ekor sapi di balai kota pada hari Jumat.
Dijelaskannya, pembagian daging kurban ini juga disalurkan untuk panti asuhan, panti jompo, organisasi keagamaan, pondok pesantren, dan beberapa pihak lainnya yang berhak menerima.
” Ya, biasanya pemotongan ini terpusat di masjid At Taqwa, tetapi tahun ini disebar dibeberapa titik. Dan kita berharap agar kurban tahun ini betul-betul bisa meningkatkan keimanan kepada Allah,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua pengurus masjid Agung At Taqwa, Sahril Syahbudin menjelaskan bahwa hewan kurban tersebut merupakan sumbangan dari berbagai pihak baik dari instansi pemerintah maupun swasta, organisasi masyarakat dan berbagai pihak lainnya yang dihandel Pemkot. “Pemda kota mengamanatkan untuk penyembelihan 7 ekor sapi, kemudian dari PT Pelindo 1 ekor dan sisanya dari jamaah masjid Agung At Taqwa,” kata Sahril.

Sedangkan jadwal penyembelihan dimulai pukuk 07.00 WIB (hari ini) dan pendistribusiannya sesuai dengan petunjuk Walikota dengan diantarkan langsung ke rumah masing-masing, sehingga warga diimbau tidak perlu menunggu dilokasi penyembelihan kurban.

” Ya akan dibagikan kepada sebagian warga di lingkungan masjid, panti asuhan, jamaah masjid, kelurahan dan lain-lain,” jelas Sahril. (805)