Kurangi Aktifitas di Sungai

ikan mabuk di sungai Ketahun 1
photo;ist

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Hujan dengan intensitas cukup tingi dalam minggu-mingu ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebong meminta kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dan mengurangi melakukan aktifitas di sungai. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebong, mengatakan bahwa masyarakat Lebong cukup banyak yang beraktifitas di sungai baik mencari ikan, mandi atau aktifitas lainnya. Dengan kondisi intensitas hujan cukup tinggi, bisa saja sungai tiba-tiba meluap.

“Jangan sampai ketika hujan kita memaksakan kehendak dan mengenyampingkan keselamatan,” jelasnya, kemarin (12/07).

Selain itu, masih banyak juga masyarakat petani sawah atau perkebunan (berladang)yang harus menyeberangi sungai terlebih dahulu untuk bisa tiba di tempat persawahan atau perkebunan yang mengancam nyawa mereka. Jika tidak mendesak, masyarakat sebisa mungkin untuk menahan diri tidak berladang terlebih dahulu.



“Namun jika masih ingin berangkat berladang, lihat kondisi terlebih dahulu, jika hujan batalkan dan jika sudah berada di ladang dan kondisi seperti akan hujan segera berkemas pulang ke rumah,” pintanya.

Selain itu, bagi kawasan daerah yang selama ini sering menjadi langganan banjir, untuk sellau bisa menjaga kebersihan lingkungan, jika melihat keadaan saluran air yang tersumbat akibat sampah, untuk bisa segera dibersihkan agar tidak menymbat aliran air dan menyebabkan banjir.“Buang sampah sembarangan silahkan dikurangi terutama di kawasan sungai dan siring, jangan sampai sampah penyebab banjir,” tuturnya.(614)