Kurang, Pendaftaran PPS Diperpanjang

DAFTAR: Para pelamar PPS saat mengantre untuk memasukkan surat lamaran ke panitia PPS KPU Kaur, Senin (24/2).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kaur memperpanjang masa pendaftaran bagi calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa hingga Kamis (27/2).

Pasalnya, di beberapa desa masih belum ada pendaftar untuk calon anggota PPS untuk Pilkada 2020 ini.“Perpanjangan itu dilakukan selama tiga hari, dan ini karena ada beberapa desa masih ada yang belum memenuhi syarat, karena setiap desa itu minimal 6 pendaftar,” kata Ketua KPU Kaur, Meixxy Rismanto melalui Koordinator Divisi Teknis Irpanadi SKom, senin (24/2).

Dikatakan Irpan, hingga penutupan jumlah pendaftar calon anggota PPS cukup banyak dan sangat antusias mencapai 1.258 orang. Namun, ini sebaran di setiap desa tidak merata dan masih ada beberapa desa kurang pendaftar, bahkan masih kosong.

Seperti di Kecamatan Maje, 1 desa, yakni Desa Sinar Mulya. Kecamatan Muara Sahung 2 desa yakni Desa Sumber Makmur dan Cinta Makmur, Kecamatan Nasal Desa Trijaya, Suka Jaya dan Pasar Jum’at dan Padang Guci Hulu Desa Manau Sembilan Dua.

Saat ini dibutuhkan sebanyak 585 orang PPS untuk Pilkada 2020. Ratusan PPS ini nanti akan disebarkan di 192 desa dan tiga kelurahan atau sebanyak tiga orang PPS per desa. Dimana, saat ini sekitar 1.258 orang pendaftar PPS.

Jumlah pendaftar PPS tersebut masih kurang dari kuota. Untuk itu, ia mengimbau, warga masyarakat setempat agar mendaftarkan diri sebagai calon anggota PPS untuk Pilkada 2020.

“Kita masih menunggu warga setempat mendaftar PPS sampai hari Kamis (27/2), dan kita berharap pendaftaran PPS ini memenuhi kuota,” ujarnya.

Ditambahkannya, jika selama tiga hari kuota masih kurang, maka langkah terakhir yang akan diambil adalah menggandeng pemerintah desa. Menurutnya, kebijakan telah diatur dalam peraturan KPU. Namun pihaknya sudah melakukan langkah yang sifatnya koordinatif kepada masyarakat terutama desa-desa yang pendaftarnya kosong.

“Nanti kalau memang juga belum mencukupi kouta pendaftaran ini kita akan menggandeng pemerintah desa, kita harap desa yang kosong ini diisi pelamar,” harapnya. (618)