Kurang Minat Baca

siti rokhimahMasalah yang paling mendasar sesuai hasil pengamatan di sekolah  kurangnya minat membaca dari murid. Hal ini membuat dewan guru sering mengalami kesulitan untuk memperdalam materi ketika mengajar di dalam kelas. Untuk meningkatkan minat baca murid, diperlukan sekali dukungan dari orang tua yang melanjutkan didikan terhadap siswa ketika sudah pulang di rumah.
Guru kelas VI SD Negeri 1 Taba Penanjung, Siti Rokhimah S.Pd merupakan guru senior dan sudah bersertifikasi. Dia sudah kewalahan mengajari anak-anak agar dapat meningkatkan keaktifan setelah pulang ke rumah. Untuk membuka pelajaran yang telah dibahas di sekolah serta membiasakan untuk membaca.
“Butuh perjuangan lebih keras lagi untuk membiasakan siswa,” katanya.
Menurutnya, berbagai upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan minat baca siswa, salah satunya berbagai trik khusus. Misalnya memberikan tugas kepada siswa agar sewaktu-waktu pulang kerumah, siswa membuka buku dan kerjakan tugas.
“Untuk membiasakan siswa agar lebih meningkatkan minat baca siswa, harus berupaya maksimal dan bertahap, bisa dengan trik istimewa,” ujarnya.
Dijelaskannya, dengan terbiasanya siswa baca buku, mengarah ke kreatifitas siswa dalam kegiatan di sekolah. Setidaknya akan memberikan pengetahuan yang lebih banyak, gurupun akan bisa merperdalam aktivitas mengajar.
“Tidak hanya di sekolah menyadari siswa untuk tetap aktif membaca buku, di rumahpun meminta orang tua mereka lebih aktif lagi,” imbuhnya.(111)