Kuota Umroh, Gratis 100 Orang

foto; ibnu mas’ud SSos MM

CURUP, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong akan kembali menggelar umroh gratis pada tahun 2019 ini. Dimana kuota yang disiapkan dalam program umroh gratis tahun ini untuk 100 orang warga Rejang Lebong. “Tahun ini kita akan kembali menggelar umroh gratis, dimana kuota yang kita siapkan untuk 100 orang,” sampai Kepala Bidang Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Ibnu Mas’ud SSos MM.

Dijelaskan Ibnu Mas’ud, masyarakat yang akan mendapat peluang untuk menggikuti program umroh gratis dari Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong tersebut adalah tokoh agama seperti imam, khatib, bilah, rubiah, gharim dan guru ngaji, kemudain tokoh agama yang ada di desa dan kelurahan, hingga untuk masyarakat Rejang Lebong yang berprestasi seperti sebelumnya, pemenang MTQ tuna netra yang diberangkatkan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong tahun lalu.

“Untuk tahapan umroh sendiri, kita saat ini masih menerima usulan dari kecamatan,” tambah Ibnu.

Lebih lanjut Ibnu Mas’ud menjelaskan, untuk proses pelaksanaan umroh sendiri, saat ini Bagian Kesra Sekdakab Rejang Lebong masih menunggu usulan dari pihak kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Karena memang dalam proses mencari peserta umroh gratis tersebut Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong telah mengedarkan surat edaran kepada pihak kecamatan.



Di sisi lain, Ibnu Mas’ud juga menyampaikan selain bisa melalui kantor camat, masyarakat juga bisa mengajukan sendiri ke bagian Kesra Sekdakab Rejang Lebong. Hanya saja untuk yang mau mengajukan sendiri ke bagian Kesra Sekdakab Rejang Lebong harus tetap mendapat rekomendasi dari pihak kecamatan.

“Bagi yang mau mendaftar langsung ke sini (Bagian Kesra) bisa juga, namun harus tetap membawa surat rekomendasi dari kecamatan,” paparnya.

Masih menurut Ibnu Mas’ud, bila dalam pendaftaran nanti, jumlah pendafarnya lebih dari kuota yang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, maka menurutnya panitia akan melakukan seleksi dengan cara melaksanakan tes untuk melihat sejauh mana kemampuan mereka dalam menjalankan tugas sebagai tokoh agama yang ada di masing-masing desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Sementara itu untuk mekanisme pelaksanaan umroh gratis sendiri, menurut Ibnu Mas’ud merupakan hibah sehingga dalam pelaksanaannya nanti tidak melalui proses lelang namun bisa dilakukan penunjukan langsung. Namun untuk tahun ini mereka belum bisa memastikan pelaksanaan umroh gratis tersebut akan dihibahkan kepda siapa, sedangkan untuk tahun 2018 kemarin kepada himpunan haji yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Untuk diketahui, program umroh gratis yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong ini merupakan bagian dari program Rejang Lebong Religius. Dimana kegiatan umroh gratis sudah mulai dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong sejak tahun 2017 lalu dengan peserta 30 orang, kemudian ditahun 2018 kemarin pesertanya sebanyak 50 orang. (251)