Kuota PPDB SMA/SMK 39 Ribu Siswa

-fto zahirman-Kuota PPDB SMA/SMK 39 Ribu Siswa

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Bengkulu, menyediakan sebanyak 39.928 kuota siswa baru SMA/SMK pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2019/2020. Dari daya tampung tersebut, rinciannya 22.610 kuota daya tampung tingkat SMA dan 16.928 kuota daya tampung tingkat SMK.

“Total lulusan tingkat SMP se-Provinsi Bengkulu, sebanyak 33.824 siswa. Sementara daya tampung PPDB tahun ini 39 ribu, artinya ada kelebihan kuota daya tampung tahun ini sebanyak 5.714 kursi,” ucap Kabid SMA Didiskbud Provinsi Bengkulu Zahirman MTPd.

Dengan kelebihan kuota tersebut, diharapkan tidak ada anak usia sekolah di Provinsi Bengkulu, tidak mengenyam bangku pendidikan. Dengan alasan tidak bisa masuk ke sekolah negeri. Diakui, dari kuota daya tampung tersebut, dalam pelaksanaan sebelumnya animo masyarakat masuk ke SMA lebih tinggi dibanding SMK. Untuk itu, Zahirman berharap, para orang tua dapat memberikan pehamanan terhadap anak-anaknya.

“Kiranya orang tua dan anak yang ingin masuk sekolah tidak pilih-pilih. Jangan menganggap sekolah ditingkat SMA menjadi pilihan utama, karena semua sekolah bagus,” ujarnya.

Dijelaskan Zahirman, sistem PPDB SMA/SMK tahun ini tidak serumit tahun lalu. Selain menggunakan sistem zonasi, juga telah online. Sehingga siswa/siswi dapat mendapat dimanapun berada asal masuk dalam zona berdasar kartu keluarga. Pendaftaran PPDB tingkat SMA/SMK dilaksanakan selama 10 hari, dimulai dari tanggal 1-10 Juli 2019. Pendaftaran terbagi dalam dua, yaitu sistem online dan offline. Peserta dapat mendaftar melalui http://ppdb.provbengkulu.com. (247)