Kuota Haji Rejang Lebong Bertambah

calon jamaah haji
Foto : Ist

CURUP, Bengkulu Ekspress – Bertambahnya kuota jemaah haji asal Indonesia juga berdampak pada kuota hajiyang diterima Kabupaten Rejang Lebong. Pada musim haji 2019 ini diketahui Kabupaten Rejang Lebong mendapat kuota tambahan dari kuota yang diberikan sebelumnya.

“Alhamdulillah kita mendapat kuota tambahan untuk haji tahun 2019 ini,” sampai Kasi Penyelanggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Rejang Lebong, Drs H Akhmad Hafizuddin, MHI Rabu (22/5) kemarin.



Dijelaskan Hafiz, penambahan kuota haji untuk Kabupaten Rejang Lebong berdasarkan surat yang di keluarkan oleh Gubernur Bengkulu dengan nomor E.234.B1 tahun 2019 tentang penetapan kuota haji Provinsi Bengkulu Tahun 2019. Dimana dari surat edaran tersebut diketahui Kabupaten Rejang Lebong mendapat kuota tambahan haji sebanyak 43 orang. Sehingga totol kuota haji yang dimiliki Kabupaten Rejang Lebong menjadi 278 orang dari sebelumnya yang hanya 235 orang.

“Khusus untuk kuota tambahan ini, pengisinya dibagi dua yaitu 50 persen sesuai dengan kursi daftar tunggu, sedangkan 50 persen lagi dikhususkan untuk daftar tunggu yang sudah Lansia,” paparnya.

Pembagian kuota tambahan tersebut, menurut Hafiz dengan kriteria untuk CJH Lansia yaitu usia lebih dari 75 tahun seabnyak 21 orang sedangkan 22 lainnya sesuai dengan kursi daftar tunggu yang sudah terdaftar di Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat).

Dari data yang ada di Siskohat, jumlah daftar tunggu jemaah haji Kabupaten Rejnag Lebong ada 80 yang yang sudah masuk dalam kategori Lansia, dimana sebanyak 13 orang sudah masuk dalam kuota haji sebelumnya dan 21 orang akan masuk dalam kuota tambahan sehingga sisa CJH lanjut usia di Kabupaten Rejang Lebong tinggal 46 orang lagi.

Pasca mendapat kuota tambahan tersebut, Hafiz mengaku hingga kemarin pihaknya masih menunggu petunjuk dari Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu terkait dengan pelunasan CJH kuota tambahan. Karena untuk untuk CJH kuota sebelumnya sudah melakukan penulasan Biaya Penyelenggaraan Ibada Haji (BPIH) tahap I dan II beberapa waktu lalu.

“Bila petunjuk dari Kanwil sudah turun, makan kita akan segera melakukan pelunasan BPIH Tahap tiga dan dilanjukan dengan kegiatan vaksinasi, pemeriksaan biometrik, pembuatapn paspor hingga pelatihan manasik haji,” sampainya.(251)