Kuota CPNS dan PPPK di Bengkulu Utara 600 Orang

Kasubid Perencanaan dan Informasi Data BKPSDM , M Taufieq Nur Hidayat

ARGA MAKMUR,bengkuluekspress.com – Kendati Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 ditunda. Namun untuk kota formasi CPNS dan PPPK yang sebelumnya belum diketahui, akhirnya BKPSDM Kabupaten BU mengetahui jumlah formasi setelah menerima surat keputusan dari KemenpanRB. Dimana untuk formasi CPNS di Kabupaten BU mencapai 100 orang dan untuk PPPK sebanyak 500 orang.

Kepala BKPSDM BU melalui Kasubid Perencanaan dan Informasi Data, M Taufieq Nur Hidayat mengatakan, secara teknis pihaknya belum bisa secara gamblang menyampaikan formasi ke publik, namun dari surat keputusan dari KemenpanRB ada sekitar 600an formasi baik itu CPNS dan PPPK.
“Secara gambaran umum kami sampaikan kepada masyarakat BU untuk formasi CPNS dan PPPK di lingkup Pemkab BU mencapai 600 formasi,”kata Taufieq.

Menurut Taufieq jumlah 600 ini terdiri dari 100 CPNS dan 500 PPPK. Untuk tes seleksinya sendiri terdiri atas seleksi CPNS, Seleksi PPPK non Guru dan seleksi PPPK Guru. Dimana seleksi CPNS dan seleksi PPPK Non Guru dilaksanakan dengan sistem CAT BKN sedangkan untuk seleksi PPPK Guru dilaksanakan dengan menggunakan UNBK Kemendikbud. Namun yang jelas Taufieq menyampaikan, untuk kuota terbanyak dalam seleksi tahun ini di Kabupaten BU adalah seleksi PPPK Guru dikarenakan anggaran pelaksanaan tes seleksi PPPK Guru langsung dari APBN yang ditanggung oleh Kemendikbud.
“Untuk seleksi CPNS dan PPK Non Guru akan dilaksanakna dengan sistem CAT BKN sedangkan untuk PPPK Guru menggunakan UNBK Kemendikbud. Yang jelas dalam seleksi ini kuota terbanyak seleksi PPPK Guru dikarenakan anggaran biaya Seleksi PPPK guru, ditanggung oleh kemendikbud,”ungkapnya.

Terkait dengan penundaan jadwal pendaftaran, Taufieq pun mengimbau, kepada seluruh masyarakat yang ingin mengikuti seleksi CPNS dan PPPK untuk dapat bersabar. Yang jelas masyarakat harus mempersiapkan diri serta keperluan yang dibutuhkan untuk kelengkapan berkas pendaftaran yang dibutuhkan.
“Saat ini kita masih menunggu juknis secara resmi. Kita pun mengimbau agar masyarakat untuk bersabar,”tandasnya.(127)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*