Kunyit Melindungi Paru-paru Bayi Prematur

CURCUMIN, suatu zat yang terdapat di dalam kunyit, ternyata dapat melindungi paru-paru bayi prematur dari kerusakan yang mematikan.

Kunyit, selain digunakan sebagai rempah-rempah untuk masakan, juga dikenal dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Bayi prematur seringkali memerlukan bantuan ventilator dan terapi oksigen, karena mereka lahir dengan fungsi paru-paru yang tidak memadai. Terapi ini dapat menyebabkan bayi menderita kerusakan paru-paru yang bisa berakibat pada kematian.

Para peneliti di Los Angeles Biomedical Research Institute (LA BioMed), menemukan bahwa curcumin dapat memberikan perlindungan jangka panjang terhadap kerusakan paru-paru ini.

Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Physiology, Lung Seluler and Molekular Fisiologi, menemukan bahwa curcumin memberikan perlindungan terhadap Displasia Bronkopulmonalis (BDP), kondisi yang ditandai oleh jaringan parut dan peradangan pada paru-paru bayi prematur, dan membantu melawan Hyperoxia, oksigen yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh melalui paru-paru, hingga 21 hari setelah kelahiran.

“Curcumin dikenal memiliki antioksidan kuat, anti inflamasi dan anti mikroba, sehingga dapat melindungi fungsi paru-paru bayi prematur, terutama saat menjalani terapi oksigen yang dibutuhkan setelah mereka lahir,” kata peneliti utama BioMed, Dr. Virender K Rehan, seperti yang dilansir laman Sciencedaily, Senin (8/7). (fny/jpnn)