Kultum Setiap Jum’at

Emilia, Guru SDN 4 KartingUntuk menciptakan ahlak, moral dan kepribadian yang bagus terhadap sebanyak 95 orang siswa/siswi di SDN 4 Karang Tinggi, Benteng ini, secara rutin sekolah ini memberikan kuliah tujuh menit (kultum) kepada seluruh pelajarnya.

Kultum itu, dilakukan setiap Hari Jum’at, sebelum para siswa masuk ke kelas untuk melakukan proses belajar dan mengajar disekolah tersebut. Sehingga para siswa tak hanya mendapatkan¬† ilmu pendidikan semata saja, melainkan juga pelajaran tentang agama.

“Setiap Jum’at, pukul 07.00 WIB, kita berikan kultum kepada seluruh siswa. Sehingga, ahlak, moral dan kepribadian siswa disini akan lebih bagus,” terang guru kelas SDN 4 Karang Tinggi, Emilia, S.Pd, kemarin.

Dia menambahkan, selain untuk  mencipatkan ahlak, moral dan kepribadian siswa yang baik, kegiatan kultum ini juga menambah wawasan para siswa tentang pentingnya pelajaran agama tersebut.

Soalnya, diperkirakan para pelajar sudah bosan dengan selalu diberikan pelajaran pendidikan setiap harinya. Disamping sebagai penyegaran terhadap seluruh anak didiknya. “Kultum ini juga sebagai salah -satu bentuk antisipasi atas prilaku siswa yang menyimpang,” tandasnya. (111)¬†