Kuis Siapa Juara Bintang Germas

Ary, Kuis Siapa Juara Germas (2)
ARY/Bengkulu Ekspress
Wabup berfoto bersama GM BETV, Dinkes Provinsi Bengkulu usai pembukaan program Kuis Siapa Juara Bintang Germas di Gedung Pola Pemkab Rejang Lebong Kamis (6/9) kemarin.

 Kerjasama BETV dan Dinkes Provinsi Bengkulu

CURUP, Bengkulu Ekspress – Berbagai upaya dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu untuk mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Salah satunya dengan menggelar Kuis Siapa Juara Bintang Germas yang bekerjasama dengan BETV.

Kuis Siapa Juara Bintang Germas sendiri akan dilaksanakan dalam beberapa episode. Dimana episode pertama dilaksanakan di Kabupaten Rejang Lebong yaitu di Ruang Pola Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong pada Kamis (6/9) kemarin.

General Manajer Bengkulu Ekspress Televisi (BETV), Santo menjelaskan bahwa Kuis Siapa Juara Bintang Germas yang dimulai kemarin merupakan salah satu program edukatif dan menarik yang dimiliki oleh BETV. Dimana menurutnya dengan kegiatan seperti ini informasi mengenai Germas dan kesehatan lainnya akan lebih mudah diingat oleh para pelajar.

“Dengan adanya kegiatan ini, kita berharap edukasi yang disampaikan akan lebih lama berada dimemori para pelajar kita,” sampai Santo saat pembukaan acara.

Dijelaskan Santo, program Kuis Siapa Juara Bintang Germas sendiri merupakan bagian dari acara peringatan Hari Kesehatan Nasional tingkat Provinsi Bengkulu yang puncaknya akan dilaksanakan di Kota Bengkulu pada bulan November mendatang. Namun sebelum acara puncak mereka akan mendatangi sejumlah kabupaten untuk mencari peserta terbaik yang akan mewakili masing-masing kabupaten di tingkat Provinsi Bengkulu. “Untuk hari ini pesertanya dari Kabupaten Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang,” sampainya.

Dalam program Kuis Siapa Juara Bintang Germas kemarin, dibagi dalam dua kategori yaitu untuk kategori SMP dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang dan kategori SMA juga sebanyak 100 orang. Dari masing-masing kategori tersebut akan diambil tiga besar untuk maju ke grand final di Provinsi Bengkulu.

“Dalam kegiatan ini panitia juga menyiapkan sejumlah doorprize menarik baik untuk peserta kegiatan maupun dewan guru maupun sporter dari masing-masing sekolah,” terang Santo.

Sementara itu, Kepala Seksi Promosi Kesehatan (Promkes) dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Provinsi Bengkulu, Pahlanasion mengungkapkan Kusi Siapa Juara Bintang Germas tersebut merupakan kegiatan inovatif dan satu-satunya yang ada di Indonesia.

“Kegiatan ini sangat inovatif dan satu-satunya di Indonesia,”sampai Pahlanasion. Sementara itu, Kabupaten Rejang Lebong dipilih sebagai lokasi pertama kegiatan tersebut, karena menurutnya salah satu sekolah di Kabupaten Rejang Lebong juara nasional dalam program usaha kesehatan sekolah.

Dalam Kuis Siapa Juara Bintang Germas tersebut, pertanyaan yang akan diberikan kepada peserta adalah seputar dengan dunia kesehatan. Oleh karena itu, ia berharap agar peserta khususnya yang akan maju ke grand final di Bengkulu mendatang untuk lebih banyak belajar baik membaca buku maupun melalui internet.



“Kita berharap kegiatan ini bukan hanya sekedar lomba, namun lebih dari itu yaitu peserta bisa lebih memahami tentang Germas dan bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.

Di sisi lain, Wakil Bupati Rejang Lebong yang berkesempatan membuka acara Kuis Siapa Juara Bintang Germas menyampaikan apresiasinya kepada BETV dan Dinkes Provinsi Bengkulu yang telah melaksanakan kegaiatan yang menurutnya sangat positif tersebut.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, sifatnya selalu mendukung terutama kegiatan-kegiatan yang bersifat meningkat sumberdaya manusia,”sampai Wabup.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup juga memberikan masukan agar kegiatan serupa kedepannya tidak dilaksanakan digedung seperti kemarin. Namun menurut Wabup ada baiknya dilakukan dialam terbuka yaitu disejumlah lokasi wisata yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, karena menurutnya Rejang Lebong memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik. “Kedepannya kegiatan seperti ini bisa dilakukan disejumlah tempat wisata, seperti di taman bunga atau Danau Mas Harun Bastari,” sampai Wabup. (251)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*