Kue Putu dan Harapan untuk Kisah Kahiyang-Bobby

KUE PUTUjpnn.com, SOLO – Ratusan warga Solo, pagi tadi menikmati jajanan kue putu gratis di car free day, Jalan Slamet Riyadi.

Pembagian kue putu gratis itu bukan tanpa sebab. Ini dilakukan untuk menyambut pesta pernikahan akbar putri Presiden Joko Widodo Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution pada 8 November mendatang.

Kegiatan ini diinisiasi produsen batik nasional dari Solo, Danar Hadi.

“Pembagian kue putu ini ada maknanya. Filosofi dalam bahasa Jawa, putu artinya cucu. Kami doakan Pak Jokowi setelah ini dapat cucu lagi dari pernikahan Mbak Kahiyang dan Mas Bobby. Semoga cepat dapat momongan,” tutur Danarsih, pemilik Danar Hadi pada JPNN, Minggu (5/11).

Pembagian kue putu ini bermakna semua lapisan masyarakat di Solo ikut bersuka cita bersama keluarga mantan Wali Kota Surakarta tersebut.

Lima pedagang kue putu keliling ditempatkan di lokasi Jalan Slamet Riyadi dan menyajikan racikannya saat masih hangat.

Warga pun berbondong-bondong datang untuk menikmati kue gratis tersebut.

Menurut Danarsih berbagai kegiatan memang sudah dilakukan masyarakat Solo untuk menyambut pernikahan Kahiyang.

“Ini tadi 500 pack kue putu. Banyak yang berpartisipasi. Bukan hanya Danar Hadi saja. Kegiatan lain juga dilakukan semua lapisan. harapannya pernikahan Kahiyang nanti sakinah, mawadah dan warohmah,” imbuh Danarsih.

Sementara itu, pelaksana acara bagi kue putu Mayor Haristanto dari Republik Aeng Aeng mengatakan selama beberapa pekan terakhir sudah dilakukan kegiatan serupa di car free day Solo.

“Minggu lalu pembagian dawet, ada juga nasi kuning dan sendang sum-sum. Ini bukan hanya kebahagiaan Presiden Jokowi dan keluarga sajam kami mengayubagyo sambut pernikahan Kahiyang,” ujar Mayor.

Dalam kegiatan ini, mereka juga memasang photo booth bergambar Kahiyang dan Bobby.

Warga bisa secara gratis berfoto di photo booth tersebut.

“Kami juga pasang penjor, ada gambar Kahiyang dan Bobby. Ini sisi lain warga Kota Solo yang ramah, hangat dan peduli,” pungkas Mayor. (flo/jpnn)