Kucuran ADD dan DD Berkurang

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) yang akan dikucurkan pemerintah kepada 148 Desa yang tersebar di 15 Kecamatan di Kabupaten Mukomuko dipastikan berkurang dari tahun 2017 lalu. Perkiraaan pengurangan tersebut mencapai 7,2 persen.

“Per desa rata-rata akan berkurang sekitar 7,2 persen dari anggaran tahun lalu,” kata Kepala Dinas Pemerintahan dan Masyarakat Desa Kabupaten Mukomuko, Saroni, SH, dikonfirmasi Bengkulu Ekspress, kemarin (17/1).

Adanya penurunan ADD dan DD akan mengurangi berbagai kegiatan di desa-desa. Namun item mana saja yang akan dikurangi akan diketahui setelah pihaknya menerima RAPB Desa.

“Untuk saat ini belum dapat disampaikan secara mendetail apa saja item yang akan dikurangi. Yang jelas dengan adanya pengurangan alokasi anggaran itu akan ada kegiatan yang juga akan dikurangi di desa-desa,” bebernya.

Sementara itu untuk jumlah global anggaran tahun 2018 ini bersumber dari ADD sebesar Rp. 51 Miliar, berkurang sekitar Rp. 2 Miliar dari tahun 2017 lalu. Sedangkan DD Rp. 106 Miliar, berkurang sekitar Rp. 9 Miliar dari tahun 2017 lalu mencapai Rp. 115 Miliar. (900)