Kuatkan Nilai Budaya Gelar FDG

FGD: Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu bersama Dispendik Kaur saat menggelar FGD nilai budaya tradisi Semaku di gedung BDC Pondok Pusaka Selasa (29/6).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Guna menguatkan nilai-nilai kebudayaan terutama suku serawai dan besemah yang ada di wilayah Seluma Manna dan Kaur (Semaku). Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Dispendikbud) Provinsi Bengkulu bersama dengan Dinas Pendidikan (Dispendik) di tiga wilayah tersebut menggelar Road Show Focus Group Discussion (FGD) untuk mematangkan terkait dengan kebudayaan dan nilai nilai seni yang ada di wilayah ini. Kegiatan sendiri di Kabupaten kaur di gelar di gedung BDC Pondok pusaka Selasa (29/6).

“Kita berharap nilai nilai budaya ini tidak luntur, makanya untuk menguatkan nilai nilai itu kita perlu menggandeng sejumlah tokoh-tokoh budaya diwilayah ini,” kata Kabid Kebudayaan Dispendikbud Provinsi Bengkulu, R Wahyu, DP SH, Senin (29/6).

Dikatakanya, saat ini sebagian besar nilai-nilai budaya sudah mulai luntur, sejumlah kalangan mulai tidak bisa mengaflikasikan budaya di daerahnya masing-masing. Nah tentunya untuk mempertahankan nilai nilai budaya itu perlu kerja keras semua pihak termasuk juga tokoh-tokoh budaya dimasing-masing daerah. Tanpa bantuan para tokoh tokoh budaya ini dikuatirkan dalam beberapa tahun mendatang sejumlah budaya akan benar benar hilang dan tak dapat diaplikasikan kembali.

“Kita juga membahas terkait budaya dan kesenian masing-masing daerah, sehingga mana yang benar benar dibutuhkan pelestariannya akan kita utamakan,” terangnya.

Sementara itu, Kabid Kebudayaan Dispendik Kaur Sri Rahayu SPd, menuturkan kebudayaan di Kabupaten Kaur beberapa diantaranya sudah diregister dan sudah mendapat perlindungan sebagai Warisan Budaya Tak Bergerak (WBTB) di tingkat nasional. Meski beberapa budaya kaur sudah diterima dan dipatenkan, namun tentunya membutuhkan pelestarian dari budaya itu sendiri termasuk juga nilai nilai budaya.

“Tujuan dari kegiatan ini salah satunya itu untuk melestarikan nilai-nilai budaya kita yang ada di Kabupaten Kaur,” tandasnya. (618)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*