Kuasai Pilkada Jabar, Jateng dan Jatim, Megawati Turun Tangan

Rakernas II PDIP resmi dibuka di Pakuwon Imperial Ballroom, Surabaya, hari ini (12/10). Dalam rapat yang dibuka langsung oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri itu, sejumlah agenda penting dibahas. Termasuk, target PDIP untuk menang di semua pilgub di Pulau Jawa.

Untuk pemetaan dan penyiapan strategi PDIP untuk pemenangan pemilu, baik pilkada maupun pemilu legislatif (pileg). Mega tadi malam mengumpulkan seluruh kepala daerah/wakil kepala daerah yang diusung PDIP untuk membicarakan isu tersebut.

Mega tiba di Surabaya kemarin sekitar pukul 13.00. Sejak dia mendarat hingga sore, tidak ada agenda formal yang dijalaninya. Dia berada di hotel untuk beristirahat. Baru malamnya Mega memberikan pengarahan khusus kepada seluruh kader yang menjadi kepala daerah.

Menurut Humas Panitia Lokal Rakernas II DPP PDIP Adi Sutarwijono, pengarahan itu bersifat internal. “Garis besarnya adalah rambu dan panduan terkait dengan situasi politik di Jatim menjelang pilbup, pilgub, dan pileg,” papar mantan wartawan tersebut.

Sementara isu utama Rakernas adalah  sesuai tema: Berjuang untuk Kedaulatan Rakyat/Kedaulatan Pangan. Menurut Ketua Bidang Politik DPP PDIP Puan Maharani, banyak ironi yang terkait dengan permasalahan pangan. “(Misalnya) garam melimpah, tapi banyak garam impor. Indonesia subur dan penghasil beras, tapi masih impor beras. Belum lagi hortikultura,” kata politikus putri Megawati Soekarnoputri, Kamis (11/10).

Menurut Puan, bukan kebetulan Surabaya dipilih sebagai tempat rakernas. “Karena di sinilah Bung Karno lahir,” kata Puan. Menurut dia, PDIP kini tengah mewujudkan sebuah program pengelolaan pemerintah kerakyatan yang berbasis Trisakti Bung Karno. Agenda utamanya, kedaulatan pangan dan liberalisasi global. (jpnn)