Kualitas Pendidikan Harus Meningkat

KEPAHIANG, BE – Kualitas pendidikan di Kepahiang pada tahun 2013 mendatang harus lebih baik. Ini setelah adanya rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang akan memberlakukan perubahan kurikulum kembali pada tahun2013. “Adanya perubahan kurikulum belum tentu akan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia termasuk juga di Kepahiang. Sehingga kita minta Disdikpora melakukan peningkatan kualitas pendidikan yang menurut saya untuk meningkatkan kualitas pendidikan lebih baik diarahkan kepada pemerataan pendidikan dan pembebasan biaya pendidikan bagi siswa kurang mampu,” ujar Ketua Komisi I DPRD Kepahiang Edwar Samsi SIP MM .

Menurutnya, yang paling penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan yakni fasilitas. Pasalnya saat dilaksanakan sidak beberapa waktu lalu ditemukan fasilitas sekolah yang mengalami kerusakan dan tidak bisa dipergunakan maksimal untuk kepentingan pendidikan. “Kami sudah menyetujui perbaikan fasilitas itu. Menurut kami fasilitas penting untuk menunjang proses belajar,” terang Edwar.

Dijelaskan terkait akan diterapkannya perubahan sistem kurikulum sekolah tidak selalu menjadi prioritas dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Menurutnya yang penting selain fasilitas penunjang adalah adanya metode pembelajaran, proses pembelajaran dan tenaga pengajar berkualitas. “Menurut kita sejak beberapa kali perubahan kurikulum sebenarnya belum memperlihatkan perubahan yang nyata pada pendidikan anak-anak kita, sehingga kita mengharapkan. Disdikpora Kepahiang benar-benar dapat merealisasikan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) secara tepat sasaran atau tidak digunakan untuk kegiatan yang mengada-ada. Artinya pengelolaan BOS harus benar dan tepat sasaran,” tandasnya. (505)